Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS NILAI TAMBAH SINGKONG DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK CINKLUNG (Studi Kasus Pada UMKM Rizky)

Rachmah, Mutiah (2014) ANALISIS NILAI TAMBAH SINGKONG DAN PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK CINKLUNG (Studi Kasus Pada UMKM Rizky). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Analisis Nilai Tambah Singkong dan Prefernsi Konsumen terhadap produk cinklung.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT MUTIAH RACHMAH. THE ANALYSIS OF ADDED VALUE CASSAVA and CONSUMER PREFERENCE OF CINKLUNG (Case Study on UMKM Rizky at Subdistrict Periuk Tangerang City). Under The Guidance of (MEUTIA and ARI SUDJATMIKOWATI). Object of this research are to analyse added value by cassava from the processing of cinklung (cassava steak) and to analyse consumer preference of cinklung (cassava steak). The amount of added value gained from one time of production process on Rizky MSME is Rp 7.996,1888 per kg and labour compensation is Rp 31,6667per kg. Known that aroma attribute is amounted 0,88; price is amounted to (0,89), availability is amounted to (0,58), quality of crispness is amounted to (0,90), taste is amounted to (0,93), colour is amounted to (0,78), and packaging is amount to (0,86). This means that cinklung product (cassava steak) ia already suitable with the desire of respondent (consumer). Besides, known that the most prefered cinklung product (cassava steak) by respondents (consumers) is seet corn cinklung flavor product since it is the first rank with score (6,8672), spicy cinklung flavor product is at the second rank with score (6,5020), and salty cinklung flavor product is at the third rank with score (4,9019). Key Words: Added Value Analysis, Consumer Preference

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMeutia, Meutia197208282003122001
Thesis advisorSudiatmikowati, Ari196501012001122001
Additional Information: RINGKASAN MUTIAH RACHMAH. ANALISIS NILAI TAMBAH SINGKONG dan PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP PRODUK CINKLUNG (Studi Kasus pada UMKM Rizky di Kecamatan Periuk Kota Tangerang). DIBAWAH BIMBINGAN (Meutia Dan Ari Sudjatmikowati). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai tambah yang didapatkan oleh UMKM Rizky dari hasil kegiatan pengolahan bahan baku singkong menjadi produk cinklung (stik singkong) dan menganalisis preferensi konsumen terhadap ketiga produk cinklung (stik singkong) berdasarkan ketiga varian rasa yang berbeda yang ditawarkan oleh UMKM Rizky, yaitu cinklung rasa pedas, cinklung rasa jagung manis, dan rasa asin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis nilai tambah metode hayami untuk menganalisis nilai tambah yang diperoleh dari kegiatan mengolah bahan baku singkong menjadi produk cinklung (stik singkong) dan metode multiatribut fishbein untuk menganalisis tingkat preferensi konsumen terhadap ketiga varian rasa cinklung yang ditawarkan oleh UMKM Rizky, berdasarkan aroma, harga, ketersediaan, kualitas kerenyahan, rasa, warna, dan kemasan dari produk cinklung (stik singkong). Analisis nilai tambah digunakan untuk mengetahui besarnya nilai tambah yang dihasilkan dari kegiatan mengolah bahan baku sinkong menjadi produk cinklung. Besarnya nilai tambah yang untuk satu kali produksi pada UMKM Rizky yaitu Rp 7.996,1888 dan imbalan tenaga kerjaRp 31,6667 per kg bahan baku. Analisis Multiatribut Fishbein digunakan untuk mengetahui tingkat preferensi konsumen terhadap produk cinklung. Diketahui bahwa skor evaluasi atribut aroma yaitu sebesar (0,88), harga yaitu sebesar (0,89), ketersediaan yaitu sebesar (0,58), kualitas kerenyahan yaitu sebesar (0,90), rasa yaitu sebesar (0,93), warna yaitu sebesar (0,78), dan kemasan yaitu sebesar (0,86). Hal ini berarti bahwa produk cinklung sudah sesuai dengan keinginan responden (konsumen). Selain itu, diketahui bahwa jenis produk cinklung yang paling disukai oleh responden (konsumen) adalah produk cinklung rasa jagung manis, karena menempati diperingkat pertama dengan perolehan skor sikap sebesar (6,8672), produk cinklung rasa pedas berada diperingkat kedua dengan prolehan skor sikap sebesar (6,5020), dan produk cingklung rasa asin berada diperingkat ketiga dengan perolehan skor sikap sebesar (4,9019).
Uncontrolled Keywords: Added Value Analysis, Consumer Preference
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:30
Last Modified: 25 Oct 2021 04:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3506

Actions (login required)

View Item View Item