Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM ANTOLOGI CERPEN BERJALAN MENEMBUS BATAS SEBAGAI PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP

NIATI, FIDHA (2013) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM ANTOLOGI CERPEN BERJALAN MENEMBUS BATAS SEBAGAI PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Analisis Nilai Pendidikan Dalam Antologi Cerpen Berjalan Menembus Batas Sebagai Perencanaan Pembelajaran di SMP.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS NILAI PENDIDIKAN DALAM ANTOLOGI CERPEN BERJALAN MENEMBUS BATAS SEBAGAI PERENCANAAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP i FIDHA NIATI 2222091782 Masalah yang terdapat dalam fokus penelitian ini sebagai berikut: (1) nilai-nilai pendidikan dalam antologi cerpen Berjalan Menembus Batas, dan (2) untuk melihat kesesuaian antologi cerpen Berjalan Menembus Batas dengan bahan pembelajaran sastra di SMP. Fokus penelitian di atas memunculkan pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) nilai pendidikan apa sajakah yang terdapat dalam antologi cerpen Berjalan Menembus Batas?, (2) apakah cerpen-cerpen yang terdapat dalam antologi Berjalan Menembus Batas dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran membaca di SMP?. Berdasarkan fokus penelitian di atas, tujuan penelitian ini sebagai berikut: (1) menemukan dan menyebutkan nilai pendidikan yang terdapat dalam antologi cerpen Berjalan Menembus Batas, (2) membuat bahan ajar dari antologi cerpen Berjalan Menembus Batas sebagai bahan pembelajaran membaca di SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analisis, yaitu suatu cara untuk memecahkan masalah yang aktual dengan jalan mengumpulkan, menyusun, mengklasifikasi, menganalisis, dan menginterpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam antologi cerpen Berjalan Menembus Batas terlihat adanya nilai-nilai pendidikan. Berdasarkan hasil penelitian dan kaitan dengan kriteria pemilihan bahan pembelajaran sastra, maka cerpen ini sesuai sebagai bahan pembelajaran sastra di SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorChussaery, Chussaery195212122003121001
Thesis advisorHadiansyah, Firman198009022006041004
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:30
Last Modified: 25 Oct 2021 04:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3504

Actions (login required)

View Item View Item