Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH REWARD JASA LINGKUNGAN DAN PENGUATAN ORGANISASI (STRENGTHENING INSTITUTION) DENGAN MOTIVASI ANGGOTA KELOMPOK TANI HUTAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA KELOMPOK TANI HUTAN PENERIMA JASA LINGKUNGAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) CIDANAU BANTEN

PRAYATNA RAHARDIAN, NANA (2017) PENGARUH REWARD JASA LINGKUNGAN DAN PENGUATAN ORGANISASI (STRENGTHENING INSTITUTION) DENGAN MOTIVASI ANGGOTA KELOMPOK TANI HUTAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP KINERJA KELOMPOK TANI HUTAN PENERIMA JASA LINGKUNGAN DI DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS) CIDANAU BANTEN. Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH REWARD JASA LINGKUNGAN DAN PENGUATAN ORGANISASI (STRENGTHENING INSTITUTION).pdf

Download (6MB)

Abstract

Since 2005, Cidanau Watershed Communication Forum (FKDC) applies the concept of upstream transactions with the mechanism payment of environmental services to the Forest Farmers Group (KTH) which agrees to maintain crop stands that are expected to maintain environmental balance, particularly water resources in Cidanau watershed. This study intends to examine the direct impact of rewards on environmental services performed by FKDC and strengthening the organization on the performance of KTH members by including motivation variables as intervening. The reward variable of environmental services in this study adopted PES criteria (Wunder, 2005); Strengthening Institution adopts Organizational Commitment Theory (Anantanyu, 2009 and Haryono, 2012); Motivation to adopt Motivation Theory (Robins, 2003); And Performance (Rivai and Mangkunegara, 2011). This study uses quantitative approach with the population is the member of environmental services recipient in the Cidanau watershed which amounts to 475 people, with a sample of 85 respondents based on stratified random sampling technique. The data collected using questionnaire, interview, observation and documentation study. Based on the result of t test, are found that 1) Reward of environmental services is not proven to directly affect the performance of KTH; 2) Reward of environmental services proved to directly affect the motivation of KTH members; 3) Strengthening Institution has proven to directly affect the motivation of KTH members; 4) Strengthening Institution has proven to directly affect performance; and 5) Reward of environmental services and Strengthening Institution with Motivation of KTH member as intervening variable proves direct influence to performance.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTriadii, BambaneUNSPECIFIED
Thesis advisorSurya, DjasuroUNSPECIFIED
Additional Information: Sejak tahun 2005, Forum Komunikasi DAS Cidanau (FKDC) menerapkan konsep transaksi hulu hilir dengan mekanisme pembayaran jasa lingkungan kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) yang setuju dan sepakat untuk mempertahankan tegakan tanaman yang diharapkan dapat menjaga keseimbangan lingkungan, khususnya sumber daya air di DAS Cidanau. Penelitian ini bermaksud untuk menguji langsung pengaruh reward jasa lingkungan yang dilakukan oleh FKDC dan penguatan organisasi terhadap kinerja anggota KTH dengan mengikutsertakan variabel motivasi sebagai intervening. Variabel reward jasa lingkungan dalam penelitian ini mengadopsi kriteria PES (Wunder, 2005); Penguatan Organisasi mengadopsi Teori Komitmen Organisasi (Anantanyu, 2009 dan Haryono, 2012); Motivasi mengadopsi Teori Motivasi (Robins, 2003); dan Kinerja (Rivai dan Mangkunegara, 2011). Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi adalah anggota KTH penerima jasa lingkungan di DAS Cidanau yang berjumlah 475 orang, dengan sampel sebanyak 85 responden didasarkan pada teknik stratified random sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil uji t diperoleh hasil bahwa 1) Reward jasa lingkungan tidak terbukti berpengaruh secara langsung terhadap kinerja KTH; 2) Reward jasa lingkungan terbukti berpengaruh secara langsung terhadap motivasi anggota KTH; 3) Penguatan organisasi terbukti berpengaruh secara langsung terhadap motivasi anggota KTH; 4) Penguatan organisasi terbukti berpengaruh secara langsung terhadap kinerja; dan 5) Reward jasa lingkungan dan penguatan organisasi dengan motivasi anggota KTH sebagai variabel intervening terbukti berpengaruh langsung terhadap kinerja.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > 61101-Magister Manajemen
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:32
Last Modified: 22 Oct 2021 02:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3494

Actions (login required)

View Item View Item