Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KOMUNIKASI PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT KENCANA (DKT)

Alfiani, Dera (2024) KOMUNIKASI PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT KENCANA (DKT). Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
DERA ALFIANI_7781210015_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
DERA ALFIANI_7781210015_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
DERA ALFIANI_7781210015_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text
DERA ALFIANI_7781210015_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text
DERA ALFIANI_7781210015_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DERA ALFIANI_7781210015_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Text
DERA ALFIANI_7781210015_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DERA ALFIANI_7781210015_File bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The Indonesian Ministry of Health has set its focus on achieving Universal Health Coverage by working towards eliminating TB, reducing stunting rates, and increasing immunization coverage and services from 2018 to 2023. These three issues are prioritized and require multisectoral supervision, including the involvement of hospitals through promotive and preventive activities. Kencana Hospital, located in Serang City, Banten and under the Indonesian Army's management, plays a significant role in this regard, thanks to its abundant medical personnel resources. As a result, the Kencana Hospital Health Promotion Unit (DKT) has developed a communication strategy to ensure that messages are effectively delivered and the desired outcomes are achieved in health promotion activities. The research conducted for this study used a descriptive qualitative approach and employed techniques such as observation, interviews, and documentation. This study found that internally the military institution has an instructive communication character, but the military shows a two-way communication flow that can be top-down at one time and also bottom-up at other times and situations so that it is adaptive in communicating health promotion. Health promotion communication carried out by Kencana Hospital (DKT) is carried out with an instructive communication approach as well as persuasive communication by applying health communication strategies of advocacy, social support, and community empowerment.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKania Kurniawati, Rd. Nia197907082002122002
Thesis advisorMuldi, Ail198303062015041000
Additional Information: Tahun 2018 sampai dengan tahun 2023 Kementerian Kesehatan RI berfokus pada pencapaian Universal Health Coverage melalui percepatan eliminasi TB, penurunan Stunting (Gagal Tumbuh/Kerdil) dan peningkatan cakupan serta pelayanan imunisasi. Ketiga permasalahan tersebut yang menjadi fokus pemerintah dan menjadi bagian dari prioritas pengawasan secara multisektoral dengan merujuk keterlibatan semua pihak, salah satunya adalah keterlibatan rumah sakit melalui kegiatan promotif dan prefentif. Rumah Sakit Kencana sebagai salah satu layanan kesehatan yang terletak di wilayah Kota Serang, Banten di bawah naungan TNI AD yang dikenal sebagai rumah sakit dengan sumber daya tenaga medis baik dokter, perawat, penunjang dan lainnya mayoritas dari anggota TNI militer. Sehingga hal ini dapat menjadi salah satu fokus utama unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit Kencana (DKT) dalam menyusun strategi komunikasi yang harus dilakukan agar pesan yang disampaikan tepat pada sasaran sehingga mencapai hasil yang diharapkan dalam kegiatan promosi kesehatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa secara internal institusi militer memiliki karakter komunikasi yang instruktif, namun militer menunjukkan arus komunikasi dua arah yang dapat bersifat top-down pada suatu saat dan juga bottom-up pada waktu dan situasi yang lain sehingga adaptif dalam mengkomunikasikan promosi kesehatan. Komunikasi promosi kesehatan yang dilakukan Rumah Sakit Kencana (DKT) dilakukan dengan pendekatan komunikasi instruktif sekaligus komunikasi persuasif dengan menerapkan strategi komunikasi kesehatan advokasi, dukungan sosial, dan pemberdayaan masyarakat.
Uncontrolled Keywords: Communication, Health Promotion, Health Promotion Strategy Komunikasi, Promosi Kesehatan, Strategi Promosi Kesehatan
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 08-Pascasarjana > 70101-Magister Ilmu Komunikasi
08-Pascasarjana
Depositing User: dera alfiani Ssos
Date Deposited: 19 Apr 2024 14:29
Last Modified: 19 Apr 2024 14:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/34861

Actions (login required)

View Item View Item