Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

RELASI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA KADUBEREUM KABUPATEN SERANG

MUMINAH, SITI (2023) RELASI SOSIAL ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA KELUARGA SINGLE PARENT DI DESA KADUBEREUM KABUPATEN SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
SITI MUMINAH_2290170006_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
SITI MUMINAH_2290170006_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SITI MUMINAH_2290170006_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SITI MUMINAH_2290170006_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SITI MUMINAH_2290170006_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SITI MUMINAH_2290170006_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SITI MUMINAH_2290170006_ REFF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SITI MUMINAH_2290170006_ LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
SITI MUMINAH _2290170006_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This research began with the author's interest when he saw single parents, mothers who had multiple roles in the family to support, care for and educate their children alone. However, caring for children with special needs is not easy because of difficulties in interacting and difficulty understanding what they want. This focuses on the role of single parents towards children with special needs in interacting with the surrounding environment and being able to care for their children who have limitations without help from other family members in a tenacious and sincere manner. In contrast to parents who care for normal children, parents with children with special needs certainly experience a lot of pressure and problems that parents in general do not experience. The aim of this research is to examine the social relations of children with special needs in single parent families in Kadubereum village, Serang district. The method used to answer the problems in this research is a qualitative approach. In-depth interviews are data collection techniques that are based on intensive conversations with a purpose. In-depth interviews are a primary data collection procedure that is carried out by conducting thorough face-to-face interviews using an interview guide. The theory used is functional structural theory. The informants in this research were four single parents who had children with special needs. The subject determination technique used was purposive. The data collection technique used was in-depth interviews. Based on the research results found by researchers, namely: (1) The social relations of children with special needs in single parent families in Kadubereum village are not going well because there are obstacles for each child in communicating. (2) children with special needs are children who have limitations both physically and emotionally which significantly influence their growth and development process. This is the reason they need extra help and support to reach their potential. (3) single parents have multiple roles in the family to provide for, care for, and educate children alone, but caring for children with special needs is not easy because of the difficulties in interacting and the difficulty in understanding what is wanted.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorABDUL KUDUS, WAHID201409012042
Thesis advisorAFRIZAL, STEVANY201409012010
Additional Information: Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis saat melihat orang tua Single parent ibu yang memiliki peran ganda dalam keluarga untuk menafkahi, mengasuh, dan mendidik anak seorang diri. Namun, mengasuh anak berkebutuhan khusus tidak mudah karena kesulitan dalam berinteraksi dan susahnya memahami apa yang diinginkan. Hal ini memfokuskan pada bagaimana peran orang tua single parent terhadap anak berkebutuhan khusus dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan mampu mengasuh anaknya yang memiliki keterbatasan tanpa bantuan dari anggota keluarga lain secara ulet dan ikhlas. Berbeda dengan orang tua yang mengasuh anaknya yang normal, orang tua dengan anak berkebutuhan khusus tentunya mengalami banyak tekanan dan problematika yang tidak dialami oleh orang tua pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana relasi sosial anak berkebutuhan khusus pada keluarga single parent di desa kadubereum kabupaten serang. Metode yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Wawancara mendalam ( indepth interview ) adalah teknik pengumpulan data yang didasarkan pada percakapan secara intensif dengan suatu tujuan. Wawancara mendalam merupakan suatu prosedur pengumpulan data primer yang dilakukan dengan cara mengadakan wawancara tatap muka dengan yang teliti dengan menggunakan pedoman wawancara. Teori yang digunakan yakni teori struktural fungsional. Informan dalam penelitian ini adalah empat single parent ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Teknik penentuan subyek yang digunakan adalah purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Berdasarkan Hasil Penelitian yang ditemukan oleh peneliti yaitu : (1) Relasi sosial anak berkebutuhan khusus pada keluarga single parent di desa kadubereum tidak berjalan dengan baik karena ada hambatan pada setiap anak dalam berkomunikasi.(2) anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang mempunyai keterbatasan baik secara fisik maupun secara emosional yang berpengaruh secara signifikan dalam proses tumbuh kembangnya. Hal ini yang menjadi alasan mereka membutuhkan bantuan dan dukungan ekstra untuk mencapai potensinya.(3) single parent memiliki peran ganda dalam keluarga untuk menafkahi, mengasuh, dan mendidik anak seorang diri, namun mengasuh anak yang memiliki kebutuhan khusus tidak mudah karena kesulitan dalam berinteraksi dan susahnya memahami apa yang diinginkan.
Uncontrolled Keywords: Social relations, children with special needs, single parent Relasi sosial, anak berkebutuhan khusus, single parent
Subjects: L Education > L Education (General)
Communication > Science Journalism
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Miss Siti Muminah
Date Deposited: 28 Mar 2024 13:28
Last Modified: 16 Apr 2024 14:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/34618

Actions (login required)

View Item View Item