Pramuja, Adam (2024) ANALISIS PENGARUH REINFORCEMENT (BERPENGUAT) SILIKON KARBIDA PADA ALUMINIUM MATRIX COMPOSITE (AMC) SEBAGAI MATERIAL PENGGANTI BOOGIE WHEEL KENDARAAN TANK BAJA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (Skripsi)
Adam Pramuja_3331190043_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (Skripsi)
Adam Pramuja_3331190043_01.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
|
Text (Skripsi)
Adam Pramuja_3331190043_02.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
Text (Skripsi)
Adam Pramuja_3331190043_03.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) |
|
Text (Skripsi)
Adam Pramuja_3331190043_04.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) |
|
Text (Skripsi)
Adam Pramuja_3331190043_05.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
|
Text (Skripsi)
Adam Pramuja_3331190043_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
|
Text (Skripsi)
Adam Pramuja_3331190043_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) |
|
Text (Skripsi)
Adam Pramuja_3331190043_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
The transportation industry in Indonesia has experienced significant development, but there are still several obstacles, including the lack or insufficiency of domestically produced raw material components, particularly in the defense sector. The primary defense system is armored tanks. This research aims to determine the mechanical properties of aluminum composite material reinforced with silicon carbide (SiC) as a substitute for the Boogie Wheel of armored tanks, with various composition methods. The first variation consists of 96% Al + 3% SiC + 1% Mg, the second variation 94% Al + 5% SiC + 1% Mg, and the third variation 92% Al + 7% SiC + 1% Mg. The materials were melted and mixed using the stir casting method, followed by hardness, impact, tensile, and microstructure tests. The tensile test results for variation AD1 were 109.55 N/mm², for AD2 it increased to 117.15 N/mm², and for AD3 it further increased to 137.02 N/mm². The hardness test results for variation AD1 were 50.87 HRB, while for AD2 it increased to 67.85 HRB, and for AD3 it further increased to 88.45 HRB. The impact test results for variation AD1 were 0.048 J/mm², for AD2 it decreased to 0.045 J/mm², and for AD3 it increased to 0.048 J/mm². Among these mechanical results, only the hardness test values met the standard references. Additionally, metallography test results using SEM with magnifications of 50, 500, 1000, and 5000 times showed that the higher the percentage of silicon carbide added to the composition, the more evenly the reinforcing elements spread throughout the specimens. From variation 1 to variation 3 in metallography tests, the density between the matrix and reinforcement increased, indicating more uniform mixing of the structure. However, there were some factors in each variable that led to brittleness and cracks.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Perkembangan industri transportasi di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup signifikan, tetapi masih ada beberapa kendala yang diantaranya adalah belum atau kurangnya komponen bahan baku yang dibuat di dalam negeri Seperti di bidang pertahanan. Sistem pertahanan utama yaitu tank baja. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai mekanis dari material komposit aluminium yang di beri penguat silikon karbida (SiC) sebagai pengganti Boogie Wheel kendaraan tank baja dengan beberapa metode variasi komposisi bahan. Variasi pertama yaitu 96% Al + 3% SiC + 1% Mg, variasi kedua 94% Al + 5% SiC + 1% Mg, dan variasi ketiga 92% Al + 7% SiC + 1% Mg. dengan melakukan peleburan dan pencampuran bahan menggunakan metode stir casting, dan pengujian yg dilakukan pengujian kekerasan, impak, Tarik, dan pengujian mikrostruktur, setelah itu mendapatkan hasil nilai uji Tarik pada variasi AD1 mendapatkan hasil 109,55 N/mm2 ,dan pada variasi AD2 mengalami kenaikan nilai menjadi 117,15 N/mm2 , Selanjutnya pada Variasi AD3 mengalami kenaikan nilai menjadi 137,02 N/mm2 . hasil data nilai kekerasan pada variasi AD 1 mendapatkan hasil 50,87 HRB Namun pada variasi AD 2 mengalami penambahan nilai menjadi 67,85 HRB, Selanjutnya pada Variasi AD 3 mengalami kenaikan nilai menjadi 88,45 HRB. hasil data nilai uji impak pada variasi AD 1 mendapatkan hasil 0,048 J/mm2 Namun pada variasi AD 2 mengalami penurunan nilai menjadi 0,045 J/mm2 , Selanjutnya pada Variasi AD 3 mengalami kenaikan nilai menjadi 0,048 J/mm2 . dari ketiga hasil mekanis diatas hanya nilai uji kekerasa yang memenuhi memenihi acuan pada standar yang ada.selain itu untu hasil uji Metalografi yang menggunakan pengujian SEM dengan lensa perbesaran 50,500,1000 dan 5000 x. Semakin besar presentase pada komposisi penambahan silikon karbida akan semakin banyak juga penyebaran unsur penguat ke seluruh spesimen. Pada pengujian metalografi dapat dilihat dari variasi 1 sampai dengan variasi 3 tingkat kerapatan antara matriks dan penguat meningkat, dan sudah semakin merata pencampuran strukturnya, tetapi ada beberapa faktor di tiap- tiap variabel yang memiki kerapuhan dan crack. | |||||||||
Subjects: | T Technology > TS Manufactures | |||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin |
|||||||||
Depositing User: | Adam Pramuja Pramuja | |||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2024 13:49 | |||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2024 13:49 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/34493 |
Actions (login required)
View Item |