Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DESKRIPSI STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNADAKSA (Studi Kasus pada Guru Tunadaksa di SKhN 01 Pembina Pandeglang)

Lasyah, Tita (2018) DESKRIPSI STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNADAKSA (Studi Kasus pada Guru Tunadaksa di SKhN 01 Pembina Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
DESKRIPSI STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA ANAK TUNADAKSA (Studi Kasus pada Guru Tunadaksa di SKhN 01 Pembina Pandeglang).pdf

Download (6MB)

Abstract

Mathematics is a very important substance in daily life. Although it is not real, in the sectors of life will always use math. Therefore, the skills to use mathematical concepts must be taught to each student as well as students who have special needs, including children with physical disabilities. However, due to physical and health problems experienced by physically disabled children, the functions that must be lived as normal children such as coordination, mobility, communication, learning, and personal adjustment are significantly impaired. Consequently, special handling is needed in helping children with disabilities in their lives, one of them is in mathematics learning. The teacher occupies a key strategic position in creating a conducive and enjoyable learning atmosphere for students to achieve their goals optimally so that the needs of children in learning can be given well. The aim of the research was to find out how the strategy of mathematics learning in children with physical disabilities. This research was included in the type of descriptive qualitative research with a case study approach. The subject of this research were special teachers of class IX at the 01 SKhN Pembina Pandeglang, determination of research subjects was based on the purposive techniques. The results showed that in general mathematics learning for children with physical disabilities was similar to mathematics learning in ordinary school students, but there were different and important things to do in order to meet the needs of students with disabilities in learning.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAnriani, NurulUNSPECIFIED
Thesis advisorIhsanudin, IhsanudinUNSPECIFIED
Additional Information: Matematika merupakan suatu substansi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun tidak nyata, dalam sektor kehidupan akan selalu menggunakan matematika. Untuk itu, keterampilan penggunaan konsep matematika harus dibelajarkan kepada setiap siswa begitu juga siswa-siswa yang memiliki hambatan khusus, termasuk di dalamnya siswa tunadaksa. Namun karena gangguan fisik dan kesehatan yang dialami oleh siswa tunadaksa sehingga fungsi yang harus dijalani sebagai siswa normal seperti koordinasi, mobilitas, komunikasi, belajar, dan penyesuaian pribadi, secara signifikan terganggu. Oleh sebab itu dibutuhkan penanganan yang khusus dalam membantu siswa tunadaksa dalam kehidupannya, salah satunya yaitu dalam pembelajaran matematika. Guru menempati posisi kunci yang strategis dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan agar siswa dapat mencapai tujuan secara optimal sehingga kebutuhan siswa tunadaksa dalam pembelajaran dapat diberikan secara baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran matematika pada siswa tunadaksa. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru khusus tunadaksa kelas IX di SKhN 01 Pembina Pandeglang, penentuan subjek berdasar pada teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pembelajaran matematika untuk siswa tunadaksa sama dengan pembelajaran matematika pada siswa sekolah biasa, namun terdapat hal-hal yang berbeda dan penting untuk dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan siswa tunadaksa dalam pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:33
Last Modified: 21 Oct 2021 07:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3445

Actions (login required)

View Item View Item