Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN NARASI SISWA TINJAUAN SINTAKSIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI MA SYEHK MANSHUR KELAS X

DAMAYANTI, DEA (2018) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN NARASI SISWA TINJAUAN SINTAKSIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI MA SYEHK MANSHUR KELAS X. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN NARASI SISWA TINJAUAN SINTAKSIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DI MA SYEHK MANSHUR KELAS X.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This research is motivated by the many language errors in spoken or written language that occur everyday, especially in the school environment. Because students who are learning do not fully understand the language errors. Language errors are the use of language both verbally and in writing which deviate from the determinants of communicating or deviating from social norms and deviating from Indonesian grammar rules. The focus of this research is: language errors in narrative essays of class X students of MA Sheikh Manshur syntactic review focused on phrases. The research question is as follows: how the errors in the students' narrative essays look at syntax. The method used is descriptive qualitative method. Data collection techniques in this study are using observation techniques and note-taking techniques. The analytical technique used is content analysis techniques, because according to the research needs to describe objectively the language errors in narrative essays of class X students of MA Sheikh Mansur. Data found based on errors in syntactic review as many as 30 error data. The results of the analysis of language errors in the narrative essays of class X students of MA Sheikh Mansur's syntactic review can be used to compile a proposed Learning Implementation Plan (RPP) writing in MA.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErwin Juansah, DaseUNSPECIFIED
Thesis advisorTustiantina, DianaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kesalahan berbahasa pada bahasa lisan atau tulisan yang terjadi sehari-hari, terutama di lingkungan sekolah. Dikarenakan siswa yang sedang belajar belum sepenuhnya paham terhadap kesalahan berbahasa. Kesalahan berbahasa adalah penggunaan bahasa baik secara lisan maupun tertulis yang menyimpang dari faktorfaktor penentu berkomunikasi atau menyimpang dari norma kemasyarakatan dan menyimpang dari kaidah tata bahasa Indonesia. fokus penelitian ini adalah : kesalahan berbahasa pada karangan narasi siswa kelas X MA Syekh Manshur tinjauan sintaksis yang difokuskan pada frasa. Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut : bagaimana bentuk kesalahan pada karangan narasi siswa tinjauan sintaksis. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan teknik catat. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis isi, karena sesuai dengan keperluan penelitian untuk mendeskripsikan secara objektif tentang kesalahan berbahasa pada karangan narasi siswa kelas X MA Syekh Manshur. Data yang ditemukan berdasarkan kesalahan berbahasa tinjauan sintaksis sebanyak 30 buah data kesalahan. Hasil analisis kesalahan berbahasa pada karangan narasi siswa kelas X MA Syekh Manshur tinjauan sintaksis dapat dimanfaatkan untuk menyusun usulan Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) menulis di MA.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 21 Oct 2021 04:07
Last Modified: 21 Oct 2021 04:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item View Item