Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SITI UMYATI_2282190020_PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN WEBSITE LIVEWORKSHEET PADA MATERI GAYA ANTAR MOLEKUL

Umyati, Siti (2023) SITI UMYATI_2282190020_PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN WEBSITE LIVEWORKSHEET PADA MATERI GAYA ANTAR MOLEKUL. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Siti Umyati_2282190020_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB) | Request a copy
[img] Text
Siti Umyati_2282190020_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Siti Umyati_2282190020_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
Siti Umyati_2282190020_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
Siti Umyati_2282190020_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text
Siti Umyati_2282190020_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
Siti Umyati_2282190020_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
Siti Umyati_2282190020_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26MB) | Request a copy
[img] Text
Siti Umyati_2282190020_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan penerapan metode ASSURE (Analyze, State objectives, Select media and materials, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and revise). Materi yang diintegrasikan dalam bahan ajar adalah tentang gaya antar molekul. Pengembangan bahan ajar dilakukan melalui langkah-langkah analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan media dan materi, pemanfaatan media dan materi dalam pembelajaran, penuntutan partisipasi peserta didik, serta evaluasi dan revisi berkelanjutan. Bahan ajar E-LKPD dikembangkan dengan memadukan pendekatan PBL yang mendorong pemecahan masalah dan kolaborasi, serta metode ASSURE yang mengedepankan analisis situasional dan pemanfaatan media pembelajaran. Platform Liveworksheet digunakan sebagai media interaktif dalam penyajian materi. Penelitian ini melibatkan validasi dari ahli materi dan ahli media serta uji coba terhadap peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar E-LKPD dengan pendekatan PBL dan metode ASSURE pada materi gaya antar molekul layak digunakan, dengan nilai validasi hitung untuk materi adalah sebesar 0,867 dan untuk media adalah sebesar 0,84, dimana lebih besar dari nilai validasi tabel menurut aikens yakni sebesar 0,76. Berdasarkan respon peserta didik, bahan ajar ini mampu mendorong partisipasi aktif peserta didik, memfasilitasi pemahaman konsep yang lebih mendalam melalui penerapan dalam konteks masalah nyata, dan meningkatkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah. Respon positif dari ahli dan peserta didik terhadap kualitas bahan ajar mengindikasikan potensi implementasi yang lebih luas. Diharapkan bahan ajar ini dapat menjadi panduan bagi pengembangan materi pembelajaran lainnya yang menggabungkan pendekatan inovatif dan metode pembelajaran yang efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAffifah, Isriyanti0012029104
Thesis advisorIrhamni, Irhamni0030057802
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan penerapan metode ASSURE (Analyze, State objectives, Select media and materials, Utilize media and materials, Require learner participation, Evaluate and revise). Materi yang diintegrasikan dalam bahan ajar adalah tentang gaya antar molekul. Pengembangan bahan ajar dilakukan melalui langkah-langkah analisis kebutuhan, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan media dan materi, pemanfaatan media dan materi dalam pembelajaran, penuntutan partisipasi peserta didik, serta evaluasi dan revisi berkelanjutan. Bahan ajar E-LKPD dikembangkan dengan memadukan pendekatan PBL yang mendorong pemecahan masalah dan kolaborasi, serta metode ASSURE yang mengedepankan analisis situasional dan pemanfaatan media pembelajaran. Platform Liveworksheet digunakan sebagai media interaktif dalam penyajian materi. Penelitian ini melibatkan validasi dari ahli materi dan ahli media serta uji coba terhadap peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar E-LKPD dengan pendekatan PBL dan metode ASSURE pada materi gaya antar molekul layak digunakan, dengan nilai validasi hitung untuk materi adalah sebesar 0,867 dan untuk media adalah sebesar 0,84, dimana lebih besar dari nilai validasi tabel menurut aikens yakni sebesar 0,76. Berdasarkan respon peserta didik, bahan ajar ini mampu mendorong partisipasi aktif peserta didik, memfasilitasi pemahaman konsep yang lebih mendalam melalui penerapan dalam konteks masalah nyata, dan meningkatkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah. Respon positif dari ahli dan peserta didik terhadap kualitas bahan ajar mengindikasikan potensi implementasi yang lebih luas. Diharapkan bahan ajar ini dapat menjadi panduan bagi pengembangan materi pembelajaran lainnya yang menggabungkan pendekatan inovatif dan metode pembelajaran yang efektif.
Uncontrolled Keywords: E-LKPD Liveworksheet, Problem Based Learning, ASSURE E-LKPD Liveworksheet, Problem Based Learning, ASSURE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia
Depositing User: Universitas Tirtayasa
Date Deposited: 18 Mar 2024 10:24
Last Modified: 18 Mar 2024 10:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/33865

Actions (login required)

View Item View Item