Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH LABELISASI HALAL DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI PRODUK SAMYANG (Studi Kasus pada Siswa-Siswi SMK Islam Nurul Hayat Cipayung-Depok)

HAFIZHA, NAURAH (2019) PENGARUH LABELISASI HALAL DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI PRODUK SAMYANG (Studi Kasus pada Siswa-Siswi SMK Islam Nurul Hayat Cipayung-Depok). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH LABELISASI HALAL DAN E-WOM TERHADAP MINAT BELI PRODUK SAMYANG (Studi Kasus pada Siswa-Siswi SMK Islam Nurul Hayat Cipayung-Depok).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This research was conducted to examine the effect of Halal and E-WOM labeling on Samyang Product Purchase Interest (Case Study at Nurul Hayat Cipayung-Depok Islamic Vocational School) both partially and simultaneously. The population of this study was all students of Islamic Vocational School Nurul Hayat Cipayung-Depok, totaling 128 students. The sampling technique used is purposive sampling, namely the sampling technique with certain considerations or criteria. By using the Slovin formula so that the sample in this study amounted to 57 respondents who were students of Islamic Vocational School Nurul Hayat Cipayung-Depok who knew and had purchased Samyang products. The data collection method uses a questionnaire method which is then analyzed by multiple linear regression analysis with pasrial test (t test) and simultaneous test (F) with the help of IBM SPSS Statistics 25 software. The results of multiple linear tests stated that the variable Halal Labeling (X1) had an influence of 0.214 on buying interest (Y) while E-WOM (X2) had an influence of 0.227 on the purchase interest satisfaction of Samyang products (Y). The coefficient of determination indicates that student satisfaction is influenced by the quality of service and the image of the institution by 26.3% and the remaining 73.7% is influenced by other factors not examined in this study. From the t test results it can be concluded that partially Halal Labeling (X1) and E- WOM (X2) variables have a significant effect on Samyang (Y) Product Purchase Interest variables. And from the F test results it can be concluded that simultaneous labeling variables Halal (X1) and E-WOM (X2) have a significant influence on the variable Purchase Interest of Samyang (Y) products. Keywords: Halal Labeling, E-WOM and Purchase Interest.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMukhsin, MohamadUNSPECIFIED
Thesis advisorAhyakudin, AhyakudinUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Labelisasi Halal dan E- WOM Terhadap Minat Beli Produk Samyang (Studi Kasus pada SMK Islam Nurul Hayat Cipayung-Depok) baik secara parsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMK Islam Nurul Hayat Cipayung- Depok yang berjumlah 128 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, yaitu dengan teknik penarikan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Dengan menggunakan rumus Slovin sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 57 responden yang merupakan siswa atau siswi SMK Islam Nurul Hayat Cipayung-Depok yang mengetahui dan telah membeli produk Samyang. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan uji pasrial (Uji t) dan uji simultan (F) dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 25. Hasil uji linier berganda menyatakan bahwa variabel Labelisasi Halal (X1) mempunyai pengaruh sebesar 0,214 terhadap minat beli (Y) sedangkan E-WOM (X2) mempunyai pengaruh sebesar 0,227 terhadap kepuasan Minat Beli produk Samyang (Y). Nilai Koefisien Determinasi menunjukkan kepuasan peserta didik dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan citra institusi sebesar 26,3% dan sisanya sebesar 73,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil uji t dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variabel Labelisasi Halal (X1) dan E-WOM (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat Beli produk Samyang (Y).Dan dari hasil uji F dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan variabel Labelisasi Halal (X1) dan E- WOM (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Minat Beli produk Samyang (Y). Kata Kunci : Labelisasi Halal, E-WOM dan Minat Beli.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Sarjana Ekonomi Syariah
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2021 09:00
Last Modified: 19 Oct 2021 09:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3377

Actions (login required)

View Item View Item