Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA SISWA SMP

KHOIRUNNISA, RIMA (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA SISWA SMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This research is purpose to know the comperhension of concept skill matematical according to revisi of taxonomy bloom. Until level hw avarage the student’s skill in overcome the questions of equilater geometry according to revise of taxonomy bloom and factoor that infivence comporhension skill concept of student. Matematical of the data conecting technic in this research is tringulation technic and resourch. Instrument ini this research through comprehension skill concept of matematical and orientation interview. Subject in this research is student’s of the eighth class of MTs 2 Serang as much as 26 students who divided to be some category appropriate to their skill and selected to analize appropriate to needed of criteria. Indicator that used cosist of C1(P1) or able to know back the know ladge before with using terminology and show the math natution corectly, C2(P1) or able to identify similanly and contradiction by two or more the object of problem determine one by one of characteristic from the object that is compared, C3(P2) or able to apply with definitly procedure what should be done to modification or apply knowledge about reciprocal relationship between based of the element, C4(P3) or able to analysis, separate, and find connection from each problem and finished with certain method. C5(P4) or able to compare, establish or finished the problem by using the knowledge of cognition in general and C6(P3) or to organize some element to be different shape and pattern. Or to create/produce the new product and finished with certain method. The result of this research showed the comprehension skill of student is there not very good and good category. In the second test of enough category as much as 7 student are discrease or 26,93%, for the lach category is as much as 4 student are increase or 15,38%, for the very luch category as much as 3 student are increase or 11,55%. It is happen because the student forgot the formula that uses. Be side that, the result of analize of showed there are some factors that in fivence of comprehension skill concept of matematical student, by internal factors or external factors.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatah, AbdulUNSPECIFIED
Thesis advisorIskandar, KhairidaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berdasarkan taksonomi bloom revisi, sampai tahap berapa ratarata kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar berdasarkan taksonomi bloom revisi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi teknik dan sumber. Instrumen dalam penelitian ini dengan tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan pedoman wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Serang sebanyak 26 orang yang di bagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan kemampuannya dan dipilih untuk di analisis sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Indikator yang digunakan terdiri dari C1(P1) atau mampu mengenali kembali pengetahuan sebelumnya, serta penggunaan istilah yang digunakan dan menunjukkan notasi matematika dengan tepat, C2(P1) atau mampu mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dua atau lebih obyek permasalahan, menentukan satu persatu ciri-ciri dari obyek yang diperbandingkan, C3(P2) atau mampu menerapkan dengan pasti prosedur apa saja yang harus dilakukan/memodifikasi dan menerapkan pengetahuan tentang hubungan timbal balik antara elemen-elemen dasar, C4(P3) atau mampu menganalisis, memisahkan dan mencari keterkaitan dari tiap-tiap bagian permasalahan serta menyelesaikan dengan metode tertentu, C5(P4) atau mampu membandingkan, membuat/menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan pengetahuan kognisi secara umum dan C6(P3) atau mengorganisasikan beberapa unsur menjadi bentuk atau pola yang berbeda atau mencipta/menghasilkan produk baru serta menyelesaikan dengan metode tertentu. Hasil penilitian menunjukkan kemampuan pemahaman konsep siswa belum ada pada kategori sangat baik dan baik, pada tes ke-2 kategori cukup mengalami penurunan sebanyak 7 siswa atau 26,93%, untuk kategori kurang mengalami kenaikan sebanyak 4 siswa atau 15,38%, untuk kategori sangat kurang mengalami kenaikan sebanyak 3 siswa atau 11,55%. Hal ini terjadi salah satunya karena siswa yang lupa dengan rumus yang digunakan. Selain itu, hasil analisis menunjukkan adanya beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa baik faktor dari dalam maupun faktor dari luar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2021 09:00
Last Modified: 19 Oct 2021 09:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3376

Actions (login required)

View Item View Item