Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE WINGEOM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS

APIANITA LESTARI, OPI (2024) PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE WINGEOM PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Opi Apianita Lestari_2225190057_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Opi Apianita Lestari_2225190057_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Opi Apianita Lestari_2225190057_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Opi Apianita Lestari_2225190057_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Opi Apianita Lestari_2225190057_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (688kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Opi Apianita Lestari_2225190057_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Opi Apianita Lestari_2225190057_Reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Opi Apianita Lestari_2225190057_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Opi Apianita Lestrai_2225190057_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

This research was motivated by the low ability of students to solve problems regarding flat-sided shapes related to everyday life known as mathematical literacy skills. One factor is that it is difficult to convert the problem into an images. Efforts that can be made to improve students’ mathematical literacy skills in flat-sided geometric material are by using Wingeom software in the learning process. This research aims to determine whether student’s mathematical literacy skills in flat-sided geometric material taught using Wingeom software are better compared to students who are taught not using Wingeom software. The research method used in this research is a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design. The classes used as samples in this research were classes 8A and 8B which were obtained using purposive sampling techniques. The instrument used was a mathematical literacy ability test instrument with flat-sided geometric material given during the pre-test and post-test. Based on the research results obtained, the Sig. (2-tailed) < significance level, namely 0,007 < 0,05, then H_0 is rejected and H_1 is accepted, so it can be concluded that the use of Wingeom software in flat-sided geometric material has can effect on student’s mathematical literacy skills with a large influence, namely 0,665.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNOVALIYOSI, NOVALIYOSI198009242006042002
Thesis advisorSETIANI, YANI197608212008012010
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan mengenai bangun ruang sisi datar yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau dikenal dengan kemampuan literasi matematis. Salah satu faktornya adalah sulit mengubah permasalahan tersebut ke dalam bentuk gambar. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar adalah dengan menggunakan software wingeom pada proses pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan literasi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar yang diajar dengan menggunakan software wingeom lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar tidak menggunakan software wingeom. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi-experiment dengan desain Nonequivalent control group design. Kelas yang digunakan sebagai sampel pada penelitian ini adalah kelas 8A dan 8B yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan literasi matematis dengan materi bangun ruang sisi datar yang diberikan pada saat pre-test dan post-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai Sig. (2-tailed) < taraf signifikansi yaitu 0,007 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan software wingeom pada materi bangun ruang sisi datar berpengaruh terhadap kemampuan literasi matematis peserta didik dengan besar pengaruhnya yaitu 0,665.
Uncontrolled Keywords: Build a Flat Side Room, Wingeom Software, Mathematical Literacy Skills. Bangun Ruang Sisi Datar, Software Wingeom, Kemampuan Literasi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Opi Apianita Lestari
Date Deposited: 14 Mar 2024 11:49
Last Modified: 14 Mar 2024 11:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/33743

Actions (login required)

View Item View Item