Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) (Studi Kasus di Sekolah Swasta Kurang Berprestasi di Kota Serang)

KURNIAWATI, HARYATI (2018) ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) (Studi Kasus di Sekolah Swasta Kurang Berprestasi di Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) (Studi Kasus di Sekolah Swasta Kurang Berprestasi di Kota Serang).pdf

Download (2MB)

Abstract

This study aims to analyze students’ mathematical anxiety in problem based learning. The method used in this study is the method combination (mixed method) with a sequential explanatory design. The population in this study is the whole grade VIII of private Junior High School with low achievement level categories in Serang City in the second semester of the academic year 2017/2018. Sampling using purposive sampling technique, with certain consideratins obtained class VIII SMP PGRI 2 Kota Serang as a sample. The instrument used in this study is a nontest instrument in the form of students’mathematical anxiety scale, obervation sheet, interview guideline, documentation and as well as the researchers themselves. The result of the study conlude that there is no different in mathematical anxiety between before and problem based learning in students.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHendrayana, AanUNSPECIFIED
Thesis advisorMarethi, IndianaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kecemasan matematis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi (mixed method) dengan model sequential explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP swasta dengan kategori tingkat prestasi rendah yang berada di Kota Serang semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan pertimbangan tertentu diperoleh kelas VIII SMP PGRI 2 Kota Serang sebagai sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen non-tes berupa skala kecemasan matematis siswa, lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi serta peneliti sendiri. Hasil penelitian memberikan kesimpulan bahwa tidak adanya perbedaan kecemasan matematis antara sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah pada siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:45
Last Modified: 19 Oct 2021 08:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item