Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SDN BEBERAN 1

LESTARI, AYU (2023) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SDN BEBERAN 1. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Ayu Lestari_2227160045_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ayu Lestari_2227160045_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ayu Lestari_2227160045_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ayu Lestari_2227160045_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ayu Lestari_2227160045_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ayu Lestari_2227160045_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ayu Lestari_2227160045_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ayu Lestari_2227160045_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (887kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Ayu Lestari_2227160045_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipchart terhadap keterampilan berbicara siswa SDN Beberan 1. Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media flipchart yang dikembangkan dan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap media flipchart. Subjek penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas IV SDN Beberan 1. Jenis peneltian ini mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari enam tahapan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen dan lembar angket peserta didik. Berdasarkan analisis data tersebut, terdapat perolehan hasil dari kualitas media flipchart yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak dengan persentase 84% dari dua ahli media, kategori layak dengan persentase 74% dari dua ahli bahasa, dan kategori sangat layak dengan persentase 86% dari dua ahli materi. Respons peserta didik terhadap media flipchart sebesar 87,7% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media flipchart sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran terhadap keterampilan berbicara peserta didik di kelas IV.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNULHAKIM, LUKMAN197904092007101001
Thesis advisorROSIDIN, ODIN197612222002121001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flipchart terhadap keterampilan berbicara siswa SDN Beberan 1. Penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media flipchart yang dikembangkan dan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap media flipchart. Subjek penelitian ini adalah 26 peserta didik kelas IV SDN Beberan 1. Jenis peneltian ini mengacu pada model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdiri dari enam tahapan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar angket untuk validasi media oleh dosen dan lembar angket peserta didik. Berdasarkan analisis data tersebut, terdapat perolehan hasil dari kualitas media flipchart yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak dengan persentase 84% dari dua ahli media, kategori layak dengan persentase 74% dari dua ahli bahasa, dan kategori sangat layak dengan persentase 86% dari dua ahli materi. Respons peserta didik terhadap media flipchart sebesar 87,7% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media flipchart sangat layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran terhadap keterampilan berbicara peserta didik di kelas IV.
Uncontrolled Keywords: Speaking skills, flipchart media, elementary school students. Keterampilan berbicara, media flipchart¸siswa sekolah dasar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Ayu Lestari
Date Deposited: 06 Mar 2024 10:43
Last Modified: 18 Mar 2024 11:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/33664

Actions (login required)

View Item View Item