Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA INSTITUSI TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK (Studi kasus di Pondok Pesantren Modern Darussalam Pandeglang - Banten)

FAJRI LATHIFAH SARI, DEWI (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA INSTITUSI TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK (Studi kasus di Pondok Pesantren Modern Darussalam Pandeglang - Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN CITRA INSTITUSI TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This research was conducted to examine the Effect of Service Quality and Institutional Image on Student Satisfaction (Case Study at the Darussalam Darussalam Islamic Boarding School in Pandeglang-Banten) both partially and simultaneously. The population of this study were all students of the Modern Darussalam Islamic Boarding School in Pandeglang-Banten, which amounted to 188 students. The sample technique used is purposive sampling, which is by sampling techniques with certain considerations or criteria. By using the Slovin formula so that the sample in this study amounted to 66 respondents who were students who had attended at least one year at the Modern Darussalam Islamic Boarding School in Pandeglang-Banten. The method of data collection uses the questionnaire method which is then analyzed by multiple linear regression analysis with pasrial test (t test) and simultaneous test (F) with the help of IBM SPSS Statistics 20 software. The multiple linear test results obtained the regression equation as follows: Y = 0.641 + 0.260 x1 + 0.186 x2 + e. The result states that the service quality variable (X1) has an effect of 0.260 on student satisfaction (Y) while the institutional image variable (X2) has an influence equal to 0.186 to student satisfaction (Y). The value of the coefficient of determination indicates that student satisfaction is influenced by service quality and institutional image by 20.3% and the remaining 79.7% is influenced by other factors not examined in this study. From the results of the t test the value of the service quality variable is 2.800 and the institutional image variable is 3.303, both of these values are greater than the t table (N = 66) of 1.998, so that the service quality variable (X1) and institutional image can be drawn partially. X2) has a significant influence on the variable of student satisfaction (Y). F test results of Fcount of 8.035, this result is greater than Ftable of 3.99, so it can be concluded that simultaneously the service quality variable (X1) and institutional image (X2) has a significant influence on the student satisfaction variable (Y). Keywords: Service Quality, Institutional Image and Student Satisfaction.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMukhsin, MohamadUNSPECIFIED
Thesis advisorAhyakudin, AhyakudinUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini dilakukan untuk menguji Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Peserta Didik (Studi Kasus di Pondok Pesantren Modern Darussalam Pandeglang-Banten) baik secara pparsial maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Pondok Pesantren Modern Darussalam Pandeglang-Banten yang berjumlah 188 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, yaitu dengan teknik penarikan sampel dengan pertimbangan atau kriteria tertentu. Dengan menggunakan rumus Slovin sehingga sampel pada penelitian ini berjumlah 66 responden yang merupakan santri yang telah bersekolah minimal satu tahun di Pondok Pesantren Modern Darussalam Pandeglang-Banten. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket yang selanjutnya dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan uji pasrial (Uji t) dan uji simultan (F) dengan bantuan software IBM SPSS Statistik 20. Hasil uji linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut Y = 0,641 + 0,260 x1 + 0,186 x2 + e hasil tersebut menyatakan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) mempunyai pengaruh sebesar 0,260 terhadap kepuasan peserta didik (Y) sedangkan variabel citra institusi (X2) mempunyai pengaruh sebesar 0,186 terhadap kepuasan peserta didik (Y). Nilai Koefisien Determinasi menunjukkan kepuasan peserta didik dipengruhi oleh kualitas pelayanan dan citra institusi sebesar 20,3% dan sisanya sebesar 79,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil uji t nilai thitung variabel kualitas pelayanan sebesar 2,800 dan variabel citra institusi sebesar 3,303 kedua nilai ini lebih besar dari nilai ttabel (N=66) sebesar 1,998, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara parsial variabel kualitas pelayanan (X1) dan citra institusi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan peserta didik (Y). hasil uji F nilai Fhitung sebesar 8,035 hasil ini lebih besar dari Ftabel sebesar 3,99 , sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan (X1) dan citra institusi (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan peserta didik (Y). Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Citra Institusi dan Kepuasan Peserta Didik.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Program Sarjana Ekonomi Syariah
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2021 08:38
Last Modified: 19 Oct 2021 08:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3363

Actions (login required)

View Item View Item