Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA YANG BERMAKNA KONOTATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 KABUPATEN TANGERANG

Mulyawati, Hilda (2014) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA YANG BERMAKNA KONOTATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 14 KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA YANG BERMAKNA KONOTATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEG~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa yang kurang memiliki perbendaharaan kata yang bermakna konotatif, serta kurangnya kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Fokus penelitian ini adalah wujud penguasaan kosakata konotatif dalam menulis karangan deskripsi siswa yang dikuasai oleh siswa yang dapat disusun dengan memanfaatkan hasil analisis dan temuan penelitian dalam pengolahan data. Rumusan masalah disusun dengan memenfaatlan hasil analisis dan temuan penelitian pengolahan data. Rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah penguasaan kosakata konotatif siswa kelas X SMA Negeri 14 Kabupaten Tangerang tahun pembelajaran 2013/2014?; (2) Bagaimanakah kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang tahun pembelajaran 2013/2014?; dan (3) Bagaimanakah hubungan antara penguasaan kosakata konotatif dengan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang tahun pembelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Penguasaan kosakata konotatif siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang tahun pembelajaran 2013/2014; (2) Kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang tahun pembelajaran 2013/2014; dan (3) Hubungan penguasaan kosakata konotatif dengan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabupaten Tangerang tahun pembelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik studi pustaka dan tes. Selanjtnya, data dianalisis dengan rumus uji validitas, uji reliabilitas, daya pembeda soal, tingkat kesukaran, uji homogenitas, uji normalitas data, uji linearitas, uji linearitas, uji regresi sederhana, dan uji korelasi. Sementara itu, data dalam penelitian ini kosakata konotatif pada karangan deskripsi, dan isi deskripsi itu sendiri. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut: (1) Uji validitas 40 butir soal sebanyak 37 dinyatakan valid dan 3 dinyatakan tidak valid, (2) Uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,477 dengan kategori “Sedang”. (3) Uji daya pembeda soal dari 40 butir soal diperoleh 37 dinyatakan cukup dan 3 dinyatakan baik. (4) Uji tingkat kesukran dari 40 butir soal diperoleh sebanyak 32 dinyatakan cukup dan 8 dinyatakan sedang. (5) Uji homogentias penguasaan kosakata konotatif diperoleh Fhitung sebesar 1,30 dan Ftabel 2,39, sedangkan uji homogenitas menulis deskripsi diperoleh Fhitung sebesar 1,26 Ftabel 2,39. (5) Uji normalitas data tes penguasaan kosakata konotatif diperoleh Xhitung 8,31 Xtabel 9,488, sedangkan uji normalitas data kemampuan menulis karangan deskripsi diperoleh Xhitung sebesar 8,70 Xtabel 9,488. (6) Uji Linearitas tes penguasaan kosakata konotatif diperoleh Ftabel sebesar 4,15 dan Fhitung 3,63, sedangkan uji linearitas menulis deskripsi diperoleh Fhitung sebesar 1,00 Ftabel 2,02. (7) Uji regresi sederhana diperoleh sebesar Ý = 37,52 + 0,47X. (8) Uji korelasi diperoleh thitung sebesar 6,401 dan ttabel 1,694 dengan demikian hubungan penguaasaan kosakata yang bermakna konotatif siswa kelas X SMAN 14 Kab. Tangerang Tahun Pembelajaran 2013/2014 dinyatakan signifikan. Kata Kunci: Kosakata , Makna Konotatif, Deskripsi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, Asep197604072001121002
Thesis advisorRosidin, Odin197612222002121001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kosakata , Makna Konotatif, Deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:32
Last Modified: 25 Oct 2021 04:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item