Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KUALITAS PELAYANAN TRANSJAKARTA BUSWAY DI DKI JAKARTA

Jati, Tri Tunggal and Apip, Abdul and Cadith, Juliannes (2014) KUALITAS PELAYANAN TRANSJAKARTA BUSWAY DI DKI JAKARTA. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI PRODI ANE - TRI TUNGGAL JATI - 2014)
Tri Tunggal Jati 6661091673.pdf - Updated Version

Download (566kB) | Preview

Abstract

Tri Tunggal Jati, NIM 091673. Kualitas Pelayanan Transjakarta Busway di DKI Jakarta, program studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang 2014. Pembimbing I Dr. Abdul Apip, M.Pd. Pembimbing II Juliannes Cadith, S.IP M.Si. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, SERVQUAL, Transjakarta Busway Penelitian ini membahas mengenai kualitas pelayanan transjakarta busway di DKI Jakarta. Dimana dalam melayani penumpang masih terdapat kendala-kendala yang membuat penumpang kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan. Seperti masih buruknya armada fisik yang digunakan, tidak sterilnya jalur bus yang dilalui, masih terjadinya tindak pidana pencurian dan pelecehan seksual, serta jarak kedatangan bus yang tidak stabil. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui sejauhmana kualitas pelayanan Transjakarta Busway di DKI Jakarta ditinjau dari dimensi Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Data didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner, kuesioner disebar kepada 204 responden. Responden dari penelitian ini adalah pengguna jasa layanan Transjakarta Busway di DKI Jakarta. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Service Quality (SERVQUAL). Hasil dari penelitian ini adalah penumpang kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh pihak Transjakarta Busway. Hal itu dapat dilihat dari skor SERVQUAL pada kelima dimensi yaitu dimensi Tangibles yang mempunyai skor SERVQUAL sebesar (-1,58), dimensi Reliability (-1,62), dimensi Responsivess (-1,53), dimensi Assurance (-1,23), dan dimensi Emphaty (-1,25). Saran yang dapat peneliti berikan adalah memperbaiki sarana dan prasarana yang ada, menstabilkan Headway, meningkatkan keamanan di dalam bus dan di dalam shelter, mensterilkan jalur bus yang digunakan oleh armada bus Transjakarta Busway, dan membuat Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: ABSTRACT : Tri Tunggal Jati. NIM. 091673. Service Quality Transjakarta Busway in DKI Jakarta , The Study Program of Public Administration, The Faculty of Social and Political Sciences, Universty of Sultan Ageng Tirtayasa, Serang 2014. The First Advisor Dr. Abdul Apip, M.Pd. The Second Advisor Juliannes Cadith, S.IP M.Si. Keywords: Service Quality, SERVQUAL, Transjakarta Busway This research discussed the issue of the quality of service transjakarta busway in jakarta. Where in serve passengers there are constraints that have been made passengers not satisfied to the services provided. As still bad fleet physical crucibles, no bus lanes through which, " still the occurrence of the criminal act of larceny and sexual harassment, as well as the distance bus of being unstable. The aim of this research is to know about the quality of service transjakarta busway in jakarta review of the dimensions of tangibles, reliability, responsiveness, assurance, and emphaty. Methods used in this research is a method of descriptive quantitative. Data obtained with a questionnaire, in a scattering manner a questionnaire distributed to 204 of respondents. Respondents of this research is users of the service of transjakarta busway in jakarta. Engineering analysis used in this research is a technique analysis service quality. The result of this research is passengers less satisfied with the service given by the transjakarta busway. It can be seen from a score servqual on the fifth dimensions namely dimensions of tangibles that has a score servqual ( -1,58 ), dimensions reliability ( -1,62 ), dimensions responsivess ( -1,53 ), dimensions assurance ( -1,23 ), and dimensions emphaty ( -1,25 ). Suggestion that can be researchers give you is improving facilities and infrastructure exists, stabilize headway, to step up security in the bus, and in a shelter sterilize bus lines used by transjakarta buses busway and make minimum service standards.
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 23 Apr 2014 03:07
Last Modified: 23 Apr 2014 03:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item