Nurbayanti, Ayi (2014) HUBUNGAN METODE DEMONSTRASI DAN PENGUASAAN TEORI DRAMA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMPN 2 MANCAK. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text
HUBUNGAN METODE DEMONSTRASI DAN PENGUASAAN TEORI DRAMA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2014. Download (16MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan berbahasa, yaitu: 1) Keterampilan menyimak/mendengarkan 2) Keterampilan berbicara, 3) Keterampilan membaca, dan 4) Keterampilan Menulis. Secara tidak langsung setiap manusia tentu melakukan keempat kemampuan berbahasa tersebut dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari menyimak hingga menulis. Begitu pun dalam pembelajaran sastra keempat keterampilan berbahasa tersebut menjadi patokan dan tujuan pembelajaran sastra. Keempat kemampuan berbahasa tersebut saling berkaitan satu sama lain.Pembelajaran menulis naskah drama adalah salah satu pembelajaran bersastra di sekolah. Keterampilan menulis naskah dramaperlu ditanamkan kepada siswa di sekolah, karena minat siswa dalam membaca karya sastra naskah drama masih rendah dibandingkan karya sastra lain seperti puisi, cerpen, dan novel. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Apakah terdapat hubungan metode demonstrasi terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 2 Mancak?(2) Apakah terdapat hubungan penguasaan teori drama terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 2 Mancak? (3) Apakah terdapat hubungan metode demonstrasi dan penguasaan teori terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 2 Mancak? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 2 Mancak.(2) Untuk mengetahui pengaruh penguasaan teori drama terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 2 Mancak.(3) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi dan penguasaan teori terhadap keterampilan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 2 Mancak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi ganda. Hasil penelitian untuk menguji terhadap Y yaitu metode demonstrasi diperoleh dari hasil teks naskah drama terhadap menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 2 Mancak Th 2014/2015. Hasil menguji terhadap Y yaitu kemampuan teori menulis diperoleh dai tes pengujiannya bahwa terdapatnya hubungan penguasaan teori drama terhadap menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 2 Mancak th 2014/2015. Hasilnya Terdapat hubungan metode demonstrasi dan penguasaan teori terhadap keterampilan menulis naskah drama. Hal tersebut terbukti dari hasil ≥ atau 11 ≥ 3,295, maka tolak dan terima artinya demikian simpulan dari keseluruhan kegiatan penelitian. Maka hipotesis yang dirumuskan dalam bab pertama dapat dibuktikan dengan hasil diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan anmtara metode demonstrasi dan penguasaan teori drama terhadap keterampilan menulis naskah drama. Kata kunci: Metode Demonstrasi, Teori Naskah Drama, Keterampilan Menulis Naskah Drama.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Metode Demonstrasi, Teori Naskah Drama, Keterampilan Menulis Naskah Drama. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 04:33 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:33 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3348 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |