Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPEMIMPINAN PELAYAN DAN KEPEMIMPINAN ADAPTIF TERHADAP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (Studi empiris pada Industri Perhotelan di Provinsi Banten)

Ayu Yesha Prayasti, Gusti (2019) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPEMIMPINAN PELAYAN DAN KEPEMIMPINAN ADAPTIF TERHADAP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (Studi empiris pada Industri Perhotelan di Provinsi Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPEMIMPINAN PELAYAN DAN KEPEMIMPINAN ADAPTIF TERHADAP TOTAL QUALITY MANAGEMENT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The uncertainty of business environment can make a big successful company unable to adapt and become bankrupt. Implementation of total quality management (TQM) is the right choice to solve these conditions. However, the drivers of TQM practice are still very limited. Researchers conceptualize leadership styles into three types consisting of transformational leadership, servant leadership and adaptive leadership and examine the role of leadership in encouraging companies to implement total quality management focuses on continuous improvement and innovation. In this study, the data used were 115 employee respondents from three divisions consisting of front office, food and beverage and housekeeping from 8 large hotels in Banten. Using partial leats square structural equation modeling (PLS-SEM), the results of the study found that there is a significant influence of transformational leadership and servant leadership on TQM focus continuous improvement. This study also found a significant influence of servant leadership and adaptive leadership on TQM focused innovation rather than transformational leadership roles. Key words: Transformational leadership, servant leadership, adaptive leadership, total quality management, continuous improvement, innovation

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAbu Hanifah, ImamUNSPECIFIED
Thesis advisorMulyanah, MulyanahUNSPECIFIED
Additional Information: Ketidakpastian perubahan lingkungan bisnis bisa membuat perusahaan sukses tidak dapat beradaptasi dan menjadi bangkrut. Penerapan total quality management (TQM) merupakan cara yang tepat untuk mengahapi kondisi tersebut. Namun, faktor pendorong praktik TQM masih sangat terbatas. Peneliti mengkonseptualisasikan gaya kepemimpinan menjadi tiga tipe yang terdiri atas kepemimpinan transformasional, kepemimpinan pelayan dan kepemimpinan adaptif serta menguji peran kepemimpinan tersebut dalam mendorong perusahaan menerapkan total quality management yang berfokus pada perbaikan terus- menerus dan inovasi. Pada penelitian ini, data yang digunakan sebanyak 115 responden karyawan dari tiga divisi yaitu front office, food and beverage dan housekeeping dari 8 hotel besar yang tersebar di provinsi Banten. Menggunakan partial leats square structural equation modeling (PLS-SEM), hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan pelayan pada praktik TQM yang berfokus pada perbaikan terus-menerus. Penelitian ini juga menemukan pengaruh yang signifikan dari kepemimpinan pelayan dan kepemimpinan adaptif pada praktik TQM yang berfokus pada inovasi dari para peran kepemimpinan transformasional. Kata kunci: Kepemimpinan transformasional, kepemimpinan pelayan, kepemimpinan adaptif, total quality management, perbaikan terus-menerus, inovasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis
05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis > 62201-Program Sarjana Akuntansi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:15
Last Modified: 19 Oct 2021 07:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3328

Actions (login required)

View Item View Item