Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMKN 1 CIRUAS

HAPIDANSYAH, RIZKI (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF DI SMKN 1 CIRUAS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Rizki Hapidansyah_2284180001_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rizki Hapidansyah_2284180001_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rizki Hapidansyah_2284180001_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rizki Hapidansyah_2284180001_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rizki Hapidansyah_2284180001_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rizki Hapidansyah_2284180001_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rizki Hapidansyah_2284180001_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Rizki Hapidansyah_2284180001_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)

Abstract

The COVID-19 pandemic has passed in Indonesia, its impact is still felt by increasing daily internet use. However, high internet usage is more likely to be used for entertainment and social media, causing internet addiction problems and having a negative impact on teenagers' mental health. This can be seen in class This situation makes the role of Emotional Intelligence and Learning Independence very important in influencing student learning outcomes. This research aims to: (1) explain the influence of Emotional Intelligence on Learning Outcomes, (2) explain the influence of Learning Independence on Learning Outcomes, (3) explain the influence of Emotional Intelligence and Learning Independence on Learning Outcomes. This research method is ex post facto correlational, using questionnaires to measure students' Emotional Intelligence and Learning Independence, as well as documentation methods to assess Learning Outcomes. Statistical analysis includes product moment correlation, multiple correlation, and path analysis. The research results show that (1) Emotional Intelligence has a positive and significant influence on Automotive Engineering Drawing Learning Outcomes, indicated by a significance value of 0.040<0.05. (2) Learning Independence has a positive and significant influence on Automotive Engineering Drawing Learning Results as shown by a significance value of 0.006<0.05. (3) Emotional Intelligence and Learning Independence simultaneously have a positive and significant influence on Automotive Engineering Drawing Learning Results as indicated by a significance value of 0.014<0.05. Then the relationship between variables is deepened through analysis channels. The result is that emotional intelligence does not have a direct influence on learning outcomes, but emotional intelligence has an indirect influence on learning outcomes.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDeni Ramdani, Sulaeman19900330 201803 1 001
Thesis advisorIkhsanudin, Ikhsanudin19941112 202012 1 009
Additional Information: Pandemi COVID-19 telah berlalu di Indonesia, dampaknya masih terasa seperti peningkatan penggunaan internet sehari-hari. Namun, tingginya penggunaan internet lebih cenderung digunakan untuk hiburan dan media sosial, menyebabkan masalah kecanduan internet dan dampak negatif pada kesehatan mental remaja. Hal ini terlihat pada siswa kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMKN 1 Ciruas pada mata pelajaran Gambar Teknik Otomotif, yang menunjukkan tanda-tanda malas mengerjakan tugas, kurang motivasi belajar, dan perilaku membolos. Situasi ini membuat peran Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar menjadi sangat penting dalam memengaruhi Hasil Belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar, (2) menjelaskan pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar, (3) menjelaskan pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar. Metode penelitian ini adalah korelasional ex post facto, dengan penggunaan kuesioner untuk mengukur Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar siswa, serta metode dokumentasi untuk menilai Hasil Belajar. Analisis statistik melibatkan korelasi product moment, korelasi ganda, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kecerdasan Emosional mempunyai pengaruh postif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Otomotif, ditunjukan dengan nilai signifikansi 0,040<0,05. (2) Kemandirian Belajar mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Otomotif yang ditunjukan dengan nilai signifikasni 0,006<0,05. (3) Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik Otomotif yang ditunjukan dengan nila signifikansi 0,014<0,05. Kemudian hubungan antar variabel diperdalam melalui analisis jalur. Hasilnya Kecerdasan Emosional tidak mempunyai pengaruh langsung terhadap Hasil Belajar, namun Kecerdasan Emosional mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap hasil belajar.
Uncontrolled Keywords: Emotional Intelligence, Learning Independence, Learning Outcomes Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83203-Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin
Depositing User: Mr Rizki hapidansyah
Date Deposited: 21 Feb 2024 15:07
Last Modified: 22 Feb 2024 11:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/33279

Actions (login required)

View Item View Item