Fahrizal, Zaki (2015) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SDN TEMBONG 1 KECAMATAN CIPOCOK JAYA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KOSAKATA DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS .pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan narasi; (2) ada tidaknya hubungan kecerdasan interpersonal siswa dengan kemampuan menulis karangan narasi; (3) ada tidaknya hubungan penguasaan kosakata dan kecerdasan interpersonal siswa secara bersama-sama dengan kemampuan menulis karangan narasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang siginifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan narasi rhitung (0,687) yang lebih besar dari pada rtable (0,443), koefisien korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (4,010) lebih besar dari pada harga ttable (1,734); (2) ada hubungan yang siginifikan antara kecerdasan interpersonal siswa dengan kemampuan menulis karangan narasi harga rhitung (0,778) yang lebih besar dari pada rtable (0,443), koefisien korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (5,256) lebih besar dari pada harga ttable (1,734); (3) ada hubungan signifikan antara penguasaan kosakata dan kecerdasan interpersonal siswa secara bersama- sama dengan kemampuan menulis karangan narasi Ry(1,2) sebesar 0,829, koefisien korelasi signifikansi dengan uji-F diperoleh Fhitung = 18,701, pada taraf nyata α = 0,05 dengan df pembilang 2 dan df penyebut 19 diperoleh Ftabel sebesar 3,52 maka Fhitung > Ftabel. Dengan meninjau hal-hal di atas, dapat diketahui bahwa penguasan kosakata dan kecerdasan interpersonal siswa memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama dengan kemampuan menulis karangan narasi sehingga perlu mendapatkan perhatian dan tindak lanjut sebagai pengembangan agar dapat membantu dan menunjang dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa. Kata kunci: penguasaan kosakata, kecerdasan interpersonal, kemampuan menulis karangan narasi
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: penguasaan kosakata, kecerdasan interpersonal, kemampuan menulis karangan narasi | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 25 Oct 2021 04:35 | |||||||||
Last Modified: | 25 Oct 2021 04:35 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3306 |
Actions (login required)
View Item |