Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN MENULIS DAN MEMBACA CERPEN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IX SMP BANI ADNA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Supenti, Nindi (2014) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN MENULIS DAN MEMBACA CERPEN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IX SMP BANI ADNA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN MENULIS DAN MEMBACA CERPEN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI S.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Apakah terdapat hubungan pengetahuan menulis dengan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IX SMP Bani Adna Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Apakah terdapat hubungan membaca cerpen dengan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IX SMP Bani Adna Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Apakah terdapat hubungan pengetahuan menulis dan membaca cerpen dengan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IX SMP Bani Adna Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMP BANI ADNA dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi product moment, menggunakan satu kelas, yaitu kelas IX A. pada hasil data tes, uji normalitas menggunakan uji2x , uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data tes, uji normalitas diperoleh data berdistribusi normal. Uji hipotesis pada data tes dengan hasil terdapat hubungan antara pengetahuan menulis dan membaca cerpen dengan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IX. Hasil penelitian menunjukan: 1. Terdapat hubungan pengetahuan menulis dengan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IX SMP Bani Adna Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 23.58. 2. Terdapat hubungan membaca cerpen dengan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IX SMP Bani Adna Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 15.58. 3. terdapat hubungan pengetahuan menulis dan membaca cerpen dengan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IX SMP Bani Adna Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini terlihat dari perolehan harga thitung, kemudian dibandingkan dengan harga ttabel. Untuk taraf kesalahan 5% uji satu pihak dan dk=n-2=33-2=31, karena dk 31 tidak terdapat pada ttabel , maka harus mencari interpolasinya. Rumus mencari interpolasi C = C0 + 01 01 BB CC  . (B – B0) Keterangan: B =nilai dk yang dicari B0=nilai dk pada awal nilai yang sudah ada B1=nilai dk pada akhir nilai yang sudah ada C=nilai ttabel yang dicari C0=nilai ttabel pada awal nilai yang sudah ada C1=nilai ttabel pada akhir nilai yang sudah ada Mencari interpolasi ttabel pada taraf signifikansi 5% (0.05) dengan uji satu pihak. Dari tabel diperoleh: B= 33-2=31 C= nilai ttabel yang dicari? B0=30 C0=1.967 B1=40 C1=1.684 C= C0 + 01 01 BB CC  . (B – B0) C= 1,697 = 3040 697.1684.1  . (31-30) C=1.679 + 10 )013.0((1) C=1.697 + (-0.0013) C= 1.6957 Maka diperoleh ttabel = 1.6957. diketahui thitung 45,391 lebih besar dari ttabel, sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang positif dan nilai koefesien korelasi antara pengetahuan menulis dengan kemampuan menulis karangan narasi. Kemudian terdapat pengaruh yang positif dan nilai koefesien korelasi antara membaca cerpen dengan kemampuan menulis karangan narasi. Hal ini terlihat dari ttabel 1.6957 dan thitung 33,469. thitung ttabel, sehingga H0 ditolak. Selanjutnya diketahui korelasi positif sebesar 61 antara pengetahuan menulis dan membaca cerpen dengan kemampuan menulis karangan narasi. Untuk mengetahui tingkat signikikan koefesien korelasi, maka perlu dibandingkan fhitung ftabel dengan taraf kesalahan 5% dan N= 30, maka ftabel= 3.32. harga fhitung ftabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorHadiansyah, Firman198009022006041004
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:35
Last Modified: 25 Oct 2021 04:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3305

Actions (login required)

View Item View Item