Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH EXPRESSIVE WRITTING THERAPY MENGGUNAKAN MEDIA TIK-TOK DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN AKIBAT PERASAAN TIDAK AMAN (INSECURE) PADA SISWA SMK (Penelitian Eksperimen Pengembangan Teknik Expressive Therapy pada Siswa kelas XI SMK PGRI 1 TANGERANG)

NURUL FADILAH, ANISA (2023) PENGARUH EXPRESSIVE WRITTING THERAPY MENGGUNAKAN MEDIA TIK-TOK DALAM MENURUNKAN TINGKAT KECEMASAN AKIBAT PERASAAN TIDAK AMAN (INSECURE) PADA SISWA SMK (Penelitian Eksperimen Pengembangan Teknik Expressive Therapy pada Siswa kelas XI SMK PGRI 1 TANGERANG). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
ANISA NURUL FADILAH_2285180011_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANISA NURUL FADILAH_2285180011_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANISA NURUL FADILAH_2285180011_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANISA NURUL FADILAH_2285180011_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANISA NURUL FADILAH_2285180011_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANISA NURUL FADILAH_2285180011_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANISA NURUL FADILAH_2285180011_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANISA NURUL FADILAH_2285180011_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI)
ANISA NURUL FADILAH_2285180011_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)

Abstract

In adolescence, students are usually easily anxious when they are faced with a problem that is quite urgent. Students tend to seek their own identity and cause conflict with themselves and the environment, especially with their physical form, feeling insecure, feeling inferior and feeling insecure (Insecure). In this case, there needs to be an effort to be made in overcoming this phenomenon, so that students can overcome anxiety and worry within themselves. Counseling plays an important role in helping individuals develop themselves optimally, one of which is Expressive Writing Therapy using Tik-tok media. Audio Visual media such as Tik-tok is very suitable for millennials, so this media can be used as a reference to support Guidance and Counseling services. This study aims to determine the effect of Expressive Writing Therapy using Tiktok media in reducing anxiety levels due to insecure feelings (Insecure). The research method chosen is a quantitative experiment. Based on the results of the preliminary research that the researchers did, it is known that many students have Tiktok social media. This research was conducted at SMK PGRI 1 Tangerang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWARIH HANDOYO, ALFIANDY199006242020121009
Thesis advisorDIAN DIA CONIA, PUTRI201808032168
Additional Information: Pada masa remaja, peserta didik biasanya mudah cemas saat mereka dihadapkan pada suatu masalah yang cukup mendesak. Peserta didik cenderung mencari identitas dirinya dan menimbulkan konflik dengan diri sendiri maupun lingkungan, terlebih lagi dengan bentuk fisiknya, rasa tidak percaya diri, perasaan rendah diri dan rasa tidak aman (Insecure). Dalam hal ini, perlu ada upaya yang harus dilakukan dalam mengatasi fenomena tersebut, agar siswa dapat mengatasi rasa cemas dan khawatir dalam dirinya. Konseling sangatlah berperan penting untuk membantu individu dalam mengembangkan dirinya secara optimal, salah satunya dengan Expressive Writing Therapy menggunakan media Tik-tok. Media Audio Visual seperti Tik-tok sangat cocok untuk kaum millienial, sehingga media in bisa dijadikan sebagai referensi pendukung layanan Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Expressive Writing Therapy menggunakan media Tiktok dalam menurunkan tingkat kecemasan akibat perasaan tidak aman (Insecure). Metode penelitian yang dipilih adalah Eksperimen kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan yang peneliti lakukan diketahui banyak siswa yang memiliki media sosial Tiktok. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 1 Tangerang.
Uncontrolled Keywords: Anxiety, Insecure, Expressive Writing Therapy, Tik-tok Kecemasan, Perasaan Tidak Aman, Terapi Menulis, Tik-tok
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Anisa Nurul Fadilah
Date Deposited: 13 Feb 2024 10:18
Last Modified: 13 Feb 2024 10:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32889

Actions (login required)

View Item View Item