Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA LAYANAN XL PRIO PASS PADA PT. XL AXIATA Tbk DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

SUCI MUTIAH, SITI (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA LAYANAN XL PRIO PASS PADA PT. XL AXIATA Tbk DIHUBUNGKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Siti Suci Mutiah_1111190157_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Siti Suci Mutiah_1111190157_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Text
Siti Suci Mutiah_1111190157_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
Siti Suci Mutiah_1111190157_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text
Siti Suci Mutiah_1111190157_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
Siti Suci Mutiah_1111190157_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
Siti Suci Mutiah_1111190157_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
Siti Suci Mutiah_1111190157_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Many problems have occurred between consumers and cellular providers related to internet services. Among them, consumers often get a mismatch between the internet services offered and what customers get. In addition, there is no effort given by cellular providers to consumers to provide a sense of comfort and security which is the right of consumers. This research focuses on how legal protection for XL Prio Pass consumers and legal remedies for these consumers and how the responsibility of PT XL Axiata Tbk for consumers who use XL Prio Pass services. The theories used in this research are the theory of legal protection and the theory of legal responsibility. The research method used is normative juridical method using secondary data in the form of literature research and supported by primary data obtained by interviews. Based on the research that has been done, it can be concluded that the legal protection of consumers who use XL Prio Pass services at PT XL Axiata Tbk is stated in Article 4, Article 5, Article 6, and Article 7 of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection. Legal efforts that can be made by consumers of XL Prio Pass service users, namely by suing business actors through litigation and non-litigation channels in Article 45 paragraph (1) and (2) of the GCPL. Consumers can request compensation to PT XL Axiata Tbk in accordance with Article 19 Paragraph (I) of Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection. However, in this case PT XL Axiata Tbk has not provided compensation to consumers who use XL Prio Pass internet services. PT XL Axiata Tbk should provide services in accordance with what is offered so that there are no more consumers who experience losses due to the use of XL Prio Pass services at PT XL Axiata Tbk.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAGUS, DEDE197008202005011002
Thesis advisorSYAHRUL MUCHAROM, RULLY198102252008121002
Additional Information: Telah banyak masalah yang terjadi antara konsumen dengan provider selular berkaitan dengan jasa layanan internet. Diantaranya konsumen seringkali mendapatkan ketidaksesuaian antara layanan internet yang ditawarkan dengan apa yang didapatkan oleh pelanggan. Selain itu, tidak ada upaya yang diberikan oleh provider seluler kepada konsumen untuk memberikan rasa nyaman dan aman yang merupakan hak konsumen. Penelitian ini mengambil fokus mengenai bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen XL Prio Pass dan upaya hukum bagi konsumen tersebut serta bagaimana tanggung jawab PT. XL Axiata Tbk terhadap konsumen pengguna layanan XL Prio Pass. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perlindungan hukum dan teori tanggung jawab hukum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dengan menggunakan data sekunder berupa penelitian kepustakaan dan didukung dengan data primer yang diperoleh dengan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna layanan XL Prio Pass pada PT. XL Axiata Tbk tercantum dalam Pasal 4, Pasal 5, Pasal 6, dan Pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh konsumen pengguna layanan XL Prio Pass yaitu dengan menggugat pelaku usaha melalui jalur litigasi maupun non litigasi pada Pasal 45 ayat (1) dan (2) UUPK. Konsumen dapat meminta ganti rugi kepada PT. XL Axiata Tbk sesuai dengan Pasal 19 ayat (I) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Namun, dalam hal ini PT. XL Axiata Tbk belum memberikan ganti rugi kepada konsumen pengguna layanan internet XL Prio Pass. Seharusnya PT. XL Axiata Tbk memberikan layanan yang sesuai dengan yang ditawarkan agar tidak ada lagi konsumen yang mengalami kerugian akibat penggunaan layanan XL Prio Pass pada PT. XL Axiata Tbk.
Uncontrolled Keywords: Legal Protection, XL Prio Pass, Corporate Responsibility. Perlindungan Hukum, XL Prio Pass, Tanggung Jawab Perusahaan.
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: 01-Fakultas Hukum
01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Siti Suci Mutiah
Date Deposited: 13 Feb 2024 14:19
Last Modified: 13 Feb 2024 14:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32876

Actions (login required)

View Item View Item