Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN PASIR LAUT DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI CBR (CALIFORNIA BEARING RATIO)

Rosa Hasibuan, Pasadena (2017) STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN PASIR LAUT DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI CBR (CALIFORNIA BEARING RATIO). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN PASIR LAUT DAN PENGARUHNYA TERHADAP NILAI CBR (CALIFORNIA BEARING RATIO) (Studi Kasus Jalan Kecamatan Cimanggu-Kabupaten Pandeglang).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Desa Mangkualam road is the acces to transporting gold mining materials in Kec. Ciamnggu Kab. Pandeglang. The road is on damage condition caused by truck load. This study aim to stabilize soil using sea sand and to finding the influence to value of CBR and physical characteristics.Improvements using stabilization method by mixing soil with 10 %, 20 % and 30 % sea sand, then testing soil properties and laboratory CBR before and after using sea sand. From the test results showed that the addition sea sand up to 30 % decrease of the plasticity index value from 20,44 % to 11.08% . The more the mixture of sea sand the higher the density. With mixture 30% sea sand to increase the value of CBR from 10,844 % to 49,462 % . The results of this study concluded that sea sand percentage of 30% is good enough to reduce the value of plasticity, in addition to increasing the bearing capacity of the soil on the value of CBR with a category good as subgrade.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIndera Kusuma, RamaUNSPECIFIED
Thesis advisorMina, EndenUNSPECIFIED
Additional Information: Jalan Desa Mangkualam merupakan jalur pengangkutan bahan pertambangan emas di Kec. Cimanggu Kab. Pandeglang. Kondisi tanah pada ruas jalan tersebut mengalami kerusakan akibat beban truk yang melintas tidak sesuai dengan kapasitas jalan. Tujuan dari penelitian ini yaitu memperkuat tanah menggunakan pasir laut dan melihat pengaruhnya terhadap nilai CBR dan sifat fisis tanah. Perbaikan yang dilakukan ialah dengan metode stabilisasi dengan cara mencampurkan tanah asli dengan dengan pasir laut 10%, 20% dan 30%, kemudian dilakukan pengujian sifat-sifat propertis tanah lempung dan CBR laboratorium sebelum dan setelah distabilisasi dengan menggunakan pasir laut. Dari hasil pengujian atterbberg limit menunjukkan bahwa penambahan pasir laut sampai dengan 30% mengalami penurunan terhadap nilai indeks plastisitas dari 20,44% menjadi 11,08%. Semakin banyak campuran pasir laut semakin tinggi kepadatannya. Dengan campuran 30% pasir laut meningkatkan nilai CBR dari 10,844 % menjadi 49,462 %. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pasir laut dengan persentase pasir laut sebesar 30% adalah cukup baik untuk mengurangi nilai plastisitas, selain dapat meningkatkan daya dukung tanah berdasarkan nilai CBR dengan kategori baik sebagai subgrade.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:05
Last Modified: 19 Oct 2021 04:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3273

Actions (login required)

View Item View Item