Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE) TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

NIDA KARIMAH, SHABRINA (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, AND CREATE) TERHADAP PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
SHABRINA NIDA KARIMAH_2227190043_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
SHABRINA NIDA KARIMAH_2227190043_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SHABRINA NIDA KARIMAH_2227190043_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SHABRINA NIDA KARIMAH_2227190043_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SHABRINA NIDA KARIMAH_2227190043_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SHABRINA NIDA KARIMAH_2227190043_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SHABRINA NIDA KARIMAH_2227190043_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (SKRIPSI)
SHABRINA NIDA KARIMAH_2227190043_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (957kB)
[img] Text
SHABRINA NIDA KARIMAH_2227190043_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

The critical thinking ability of key mathematicians is needed. The primary factor of learning participants low critical thinking is the use of less effective and efficient learning models during learning activities. The purpose of this study is to know the influence of the RADEC learning model on the mathematics of improving the critical thinking ability of learners. The study is a quantitative study, using experimental methods and noninvasive control design. Studies were carried out on the school of class 5 SDIT Alia Nurul Jihadi. The sample used in this study numbered 51 trainees, 26 experimental classes I and 25 experimental classes II. The instrument used is a test of critical thinking ability performed at two stages of pre-test and post-test. Data processing was analyzed using statistical paramilitary test with test-t. The end result of research with different test results using test-t t_count (2.165) > t_table (2.01), where H₀ is rejected and H₁ is accepted. Research has concluded that the critical thinking ability of learners increased with the application of RADEC learning models to learners.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPAMUNGKAS ALAMSYAH, TRIAN0028078804
Thesis advisorSUBHAN PAMUNGKAS, AAN198701282020121004
Additional Information: Kemampuan berpikir kritis peserta didik jenjang sekolah dasar dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan. Faktor utama rendahnya berpikir kritis peserta didik yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif dan efisien selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC pada pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf, menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Penelitian dilakukan pada kelas V SDIT Alia Nurul Jihadi, Kota Tangerang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 51 peserta didik, 26 kelas eksperimen I dan 25 kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis yang dilakukan pada dua tahap yaitu tahap pre-test dan post-test. Pengolahan data dianalisis menggunakan uji statistik parametik dengan analisis uji-t. Hasil akhir penelitian dengan pengujian beda rata-rata menggunakan uji-t yaitu t_hitung (2,165) > t_tabel (2,010) sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan dengan penerapan model pembelajaran RADEC pada pembelajaran matematika.
Uncontrolled Keywords: critical thinking ability; mathematics; RADEC learning model Kemampuan Berpikir Kritsi, Matematika, Model Pembelajaran RADEC
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mrs Shabrina Nida Karimah
Date Deposited: 30 Jan 2024 14:26
Last Modified: 30 Jan 2024 14:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32601

Actions (login required)

View Item View Item