Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 19 KABUPATEN TANGERANG

SHYAM BACHTIAR, JANU (2023) PENGARUH TINGKAT KESEJAHTERAAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI DI SMAN 19 KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
JANU SHYAM BACHTIAR_2290190025_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORITIK)
JANU SHYAM BACHTIAR_2290190025_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
JANU SHYAM BACHTIAR_2290190025_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
JANU SHYAM BACHTIAR_2290190025_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
JANU SHYAM BACHTIAR_2290190025_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
JANU SHYAM BACHTIAR_2290190025_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
JANU SHYAM BACHTIAR_2290190025_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (COVER S/D BAB 1 + DAFTAR PUSTAKA)
JANU SHYAM BACHTIAR_2290190025_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

This research aims to determine the influence of the level of family welfare on student learning achievement in Sociology subjects at SMAN 19 Kabupaten Tangerang Regency. The approach used in this research is a quantitative approach with a correlation method and using simple linear regression testing. This method is used to determine the influence between variable Based on this population, the researcher carried out a purposive sampling technique to determine a research sample of two classes with a total sample of 69 respondents. Data collection techniques include distributing questionnaries, interviews and documentation. The results of research based on linear regression analysis show that the regression equation is Ŷ = 90,671 – 0,027X, so that an r2 value of 0,005 or 0,5% is obtained. This shows that there is a negative and insignificant influence on the level of family welfare on student learning achievement in sociology subjects at SMAN 19 Kabupaten Regency it was 0,5%. This in supported by interview results which show that students from disadvantaged family actually have good learning achievements. Based on the analysis of the stages of a prosperous family according to the BKKBN the majority of students are in the prosperous family category 3, then based on the analysis of learning achievement the respondents is in the high achievement category, and based on the analysis of Maslow’s hierarchy of needs theory, students go to school to feel secure about their future and students go to school to get good achievements so as to improve their social status.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKUNTARI, SEPTI201409012016
Thesis advisorIRFANI LINDAWATI, YUSTIKA199007112018032001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kesejahteraan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMAN 19 Kabupaten Tangerang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi dan menggunakan pengujian regresi linear sederhana. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dan variabel Y. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI IPS tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 209 siswa. Berdasarkan populasi tersebut peneliti melakukan teknik purposive sampling untuk menetapkan sampel penelitian sebanyak dua kelas dengan total sampel sebanyak 69 responden. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis regresi linear didapatkan persamaan regresinya yaitu Ŷ = 90,671 – 0,027X sehingga diperoleh nilai r2 sebesar 0,005 atau 0,5%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan tidak signifikan tingkat kesejahteraan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran sosiologi di SMAN 19 Kabupaten Tangerang sebesar 0,5%. Hal ini didukung oleh hasil wawancara yang menunjukkan bahwa siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu justru memiliki prestasi belajar yang baik. Berdasarkan analisis tahapan keluarga sejahtera menurut BKKBN, mayoritas responden berada pada kategori keluarga sejahtera 3, kemudian berdasarkan analisis prestasi belajar responden berada pada kategori prestasi tinggi, dan berdasarkan analisis teori hierarki kebutuhan Maslow siswa bersekolah untuk merasa aman akan masa depannya dan siswa bersekolah untuk mendapatkan prestasi yang baik sehingga dapat meningkatkan status sosialnya.
Uncontrolled Keywords: Level of Family Welfare, Learning Achievement, Basic Needs, Psychological Needs, Maslow’s Hierarchy Theory Tingkat Kesejahteraan Keluarga, Prestasi Belajar, Kebutuhan Dasar, Kebutuhan Psikologis, Teori Hierarki Maslow
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87204-Jurusan Pendidikan Sosiologi
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Mr JANU SHYAM BACHTIAR
Date Deposited: 24 Jan 2024 14:27
Last Modified: 25 Jan 2024 10:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32500

Actions (login required)

View Item View Item