WIDIAWATI, WIDIAWATI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X DI SMA TERPADU MATHLA'UL ANWAR BOJONG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Widiawati_2288150037_Fulltext .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Widiawati_2288150037_01.pdf Restricted to Registered users only Download (602kB) |
|
Text
Widiawati_2288150037_03.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
|
Text
Widiawati_2288150037_04.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
|
Text
Widiawati_2288150037_05.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
|
Text
Widiawati_2288150037_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) |
|
Text
Widiawati_2288150037_02.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) |
|
Text
Widiawati_2288150037_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengethui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model connecting organizing reflecting extending dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran interaktif pada siswa kelas X SMA Terpadu Mathla'ul Anwar Bojong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental designs. Desain ini dipilih karena penelitian yang dilaksanakan melibatkan dua kelas sebagai sampel, yang mana kedua sampel tidak ditentukan secara acak. Lebih spesifiknya, penelitian ini menggunakan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 4 kelas yaitu kelas X-IPS 1, X-IPS 2, X-IPS 3, DAN X-IPS 4. Pada masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua rombongan belajar kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) setelah dilakukan analisis dengan menggunakan rumus uji-t independent sample tes, maka didapatkan hasil nilai t adalah 0,857, sedangkan nilai t tabel dk 38 (Dk =n1+n2-2 =40-2=38) dengan taraf signifikasi 5% adalah: 1,685. Dengan membandingkan besarnya nilai t dari perhitungan data dan besar t tabel maka dapat diketahui bahwa t hitung < t tabel yaitu: 0,857 < 1,685. Hasil t hitung lebih kecil dari t tabel, maka hipotesis nol diterima, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas control.; 2) Hasil uji perbandingan rata-rata pada uji tahap akhir setelah perlakun diperoleh nilai t adalah 9,394, sedangkan nilai t tabel dk 38 (Dk =n1+n2-2 =40-2=38) dengan taraf signifikasi 5% adalah1,685. Dengan membandingkan besarnya nilai t dari perhitungan data dan besar t tabel maka dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu: 3,040 > 1,685. Hasil t hitung lebih besar dari t tabel, maka hipotesis nol ditolak, hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan berpikir kritis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran probing promting dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan model pembelajaran interaktif pada siswa kelas X SMA Terpadu Mathla'ul Anwar Bojong
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengethui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas eksperimen yang menggunakan model connecting organizing reflecting extending dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran interaktif pada siswa kelas X SMA Terpadu Mathla'ul Anwar Bojong. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental designs. Desain ini dipilih karena penelitian yang dilaksanakan melibatkan dua kelas sebagai sampel, yang mana kedua sampel tidak ditentukan secara acak. Lebih spesifiknya, penelitian ini menggunakan desain penelitian the nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPS. Populasi dari penelitian ini terdiri dari 4 kelas yaitu kelas X-IPS 1, X-IPS 2, X-IPS 3, DAN X-IPS 4. Pada masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua rombongan belajar kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) setelah dilakukan analisis dengan menggunakan rumus uji-t independent sample tes, maka didapatkan hasil nilai t adalah 0,857, sedangkan nilai t tabel dk 38 (Dk =n1+n2-2 =40-2=38) dengan taraf signifikasi 5% adalah: 1,685. Dengan membandingkan besarnya nilai t dari perhitungan data dan besar t tabel maka dapat diketahui bahwa t hitung < t tabel yaitu: 0,857 < 1,685. Hasil t hitung lebih kecil dari t tabel, maka hipotesis nol diterima, hal ini berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar sebelum perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas control.; 2) Hasil uji perbandingan rata-rata pada uji tahap akhir setelah perlakun diperoleh nilai t adalah 9,394, sedangkan nilai t tabel dk 38 (Dk =n1+n2-2 =40-2=38) dengan taraf signifikasi 5% adalah1,685. Dengan membandingkan besarnya nilai t dari perhitungan data dan besar t tabel maka dapat diketahui bahwa t hitung > t tabel yaitu: 3,040 > 1,685. Hasil t hitung lebih besar dari t tabel, maka hipotesis nol ditolak, hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan berpikir kritis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran probing promting dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan model pembelajaran interaktif pada siswa kelas X SMA Terpadu Mathla'ul Anwar Bojong | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE), Berpikir Kritis | |||||||||
Subjects: | L Education > LA History of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87201-Jurusan Pendidikan Sejarah 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Widi Widiawati | |||||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2024 10:12 | |||||||||
Last Modified: | 22 Jan 2024 10:12 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32406 |
Actions (login required)
View Item |