Fahri Akbar, Amriyoga (2022) PENGEMBANGAN CHEMISTRY FANTASY: ELECTROLYTES STORY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA TOPIK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
Amriyoga Fahri Akbar_2282150027_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Amriyoga Fahri Akbar_2282150027_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Amriyoga Fahri Akbar_2282150027_02.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Amriyoga Fahri Akbar_2282150027_03.pdf Restricted to Registered users only Download (607kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Amriyoga Fahri Akbar_2282150027_04.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Amriyoga Fahri Akbar_2282150027_05.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Amriyoga Fahri Akbar_2282150027_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Amriyoga Fahri Akbar_2282150027_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakteristik media pembelajaran Chemistry Fantasy: Electrolytes Story, 2) Mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli, 3) Mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran Chemistry Fantasy: Electrolytes Story. Sampel penelitian ini adalah 12 siswa kelas X SMK Negeri 38 Jakarta. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonprobability Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau metode kuesioner. Pengujian analisis meliputi uji validitas dan mengetahui respon siswa menggunakan media pembelajaran Chemistry Fantasy: Electrolytes Story. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil produk yang didapatkan dalam penelitian pengembangan ini adalah berupa media pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan menggunakan Flash untuk topik larutan elektrolit dan non elektrolit yang diberinama Chemistry Fantasy: Electrolytes Story. 2) Kelayakan produk pengembangan ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli yaitu mendapatkan nilai Vhitung = 0,906 sedangkan Vtabel = 0,88, mendapatkan respon positif karena Vhitung lebih besar dari pada Vtabel. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini layak untuk diuji coba. 3) Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan mendapatkan respon positif saat diuji coba oleh siswa ditunjukkan dari hasil angket respon siswa medapatkan skor “Sangat Baik” yaitu 88,43%.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui karakteristik media pembelajaran Chemistry Fantasy: Electrolytes Story, 2) Mengetahui kualitas media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli, 3) Mengetahui respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran Chemistry Fantasy: Electrolytes Story. Sampel penelitian ini adalah 12 siswa kelas X SMK Negeri 38 Jakarta. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonprobability Sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket atau metode kuesioner. Pengujian analisis meliputi uji validitas dan mengetahui respon siswa menggunakan media pembelajaran Chemistry Fantasy: Electrolytes Story. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) Hasil produk yang didapatkan dalam penelitian pengembangan ini adalah berupa media pembelajaran interaktif berbasis komputer dengan menggunakan Flash untuk topik larutan elektrolit dan non elektrolit yang diberinama Chemistry Fantasy: Electrolytes Story. 2) Kelayakan produk pengembangan ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli yaitu mendapatkan nilai Vhitung = 0,906 sedangkan Vtabel = 0,88, mendapatkan respon positif karena Vhitung lebih besar dari pada Vtabel. Sehingga dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran interaktif yang dikembangkan ini layak untuk diuji coba. 3) Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan mendapatkan respon positif saat diuji coba oleh siswa ditunjukkan dari hasil angket respon siswa medapatkan skor “Sangat Baik” yaitu 88,43%. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | penelitian dan pengembangan, media pembelajaran interaktif, larutan elektrolit dan non elektrolit. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84204-Jurusan Pendidikan Kimia |
|||||||||
Depositing User: | Mr Amriyoga Fahri Akbar | |||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2024 13:42 | |||||||||
Last Modified: | 17 Jan 2024 13:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32345 |
Actions (login required)
View Item |