Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STUDI DISTRIBUSI PARTICULATE MATTER (PM2,5 & PM10) EMISI GAS BUANGPADA MOTOR DIESEL BERBAHAN BAKAR MINYAK PLASTIK

RIANTO, TAUFAN (2024) STUDI DISTRIBUSI PARTICULATE MATTER (PM2,5 & PM10) EMISI GAS BUANGPADA MOTOR DIESEL BERBAHAN BAKAR MINYAK PLASTIK. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Salah satu penyumbang utama polusi udara adalah mesin diesel. Maka usaha-usaha untuk mengurangi dan mengatasi Emisi Partikulat ini terus dilakukan. Langkah-langkah lain yang dilakukan adalah peng-galakan pemakaian bahan bakar alternatif, pemakaian teknologi aftertreatment dan peningkatan mutu bahan bakar. Namun setiap jenis bahan bakar memiliki sifat karakteristik, hal ini yang mempengaruhi Particulate Matter (PM) yang dihasilkan dari proses pembakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Particulate Matter (PM) yang dihasilkan oleh mesin diesel jenis Dong Feng R175A dengan bahan bakar minyak plastik dan dexlite, serta variasi bahan bakar antara bahan bakar minyak plastik dan dexlite, yaitu : campuran 30% minyak plastik:70% dexlite (PO30), 50% minyak plastik:50% dexlite (PO50) dan 70% minyak plastik:30% dexlite (PO70). Hasil yang didapatkan adalah pada bahan bakar campuran PO30 mendapatkan hasil massa berat terendah, dengan massa berat rata-rata 7,13 mg dan juga mendapatkan hasil jumlah PM paling sedikit yaitu PM10 sebanyak 96/mm2. PO30 memiliki paling sedikit PM berpengaruh terhadap pernafasan manusia serta polusi yang terdapat di udara.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSudrajad, Agung197505152014041001
Thesis advisorPinem, Mekro Permana198902262015041002
Additional Information: Salah satu penyumbang utama polusi udara adalah mesin diesel. Maka usaha-usaha untuk mengurangi dan mengatasi Emisi Partikulat ini terus dilakukan. Langkah-langkah lain yang dilakukan adalah peng-galakan pemakaian bahan bakar alternatif, pemakaian teknologi aftertreatment dan peningkatan mutu bahan bakar. Namun setiap jenis bahan bakar memiliki sifat karakteristik, hal ini yang mempengaruhi Particulate Matter (PM) yang dihasilkan dari proses pembakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Particulate Matter (PM) yang dihasilkan oleh mesin diesel jenis Dong Feng R175A dengan bahan bakar minyak plastik dan dexlite, serta variasi bahan bakar antara bahan bakar minyak plastik dan dexlite, yaitu : campuran 30% minyak plastik:70% dexlite (PO30), 50% minyak plastik:50% dexlite (PO50) dan 70% minyak plastik:30% dexlite (PO70). Hasil yang didapatkan adalah pada bahan bakar campuran PO30 mendapatkan hasil massa berat terendah, dengan massa berat rata-rata 7,13 mg dan juga mendapatkan hasil jumlah PM paling sedikit yaitu PM10 sebanyak 96/mm2. PO30 memiliki paling sedikit PM berpengaruh terhadap pernafasan manusia serta polusi yang terdapat di udara.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Mr. Taufan Rianto
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:50
Last Modified: 15 Jan 2024 08:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32186

Actions (login required)

View Item View Item