RIANTO, TAUFAN (2024) STUDI DISTRIBUSI PARTICULATE MATTER (PM2,5 & PM10) EMISI GAS BUANGPADA MOTOR DIESEL BERBAHAN BAKAR MINYAK PLASTIK. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_02.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_03.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_05.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (917kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Taufan Rianto_3331180032_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
Abstract
Salah satu penyumbang utama polusi udara adalah mesin diesel. Maka usaha-usaha untuk mengurangi dan mengatasi Emisi Partikulat ini terus dilakukan. Langkah-langkah lain yang dilakukan adalah peng-galakan pemakaian bahan bakar alternatif, pemakaian teknologi aftertreatment dan peningkatan mutu bahan bakar. Namun setiap jenis bahan bakar memiliki sifat karakteristik, hal ini yang mempengaruhi Particulate Matter (PM) yang dihasilkan dari proses pembakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Particulate Matter (PM) yang dihasilkan oleh mesin diesel jenis Dong Feng R175A dengan bahan bakar minyak plastik dan dexlite, serta variasi bahan bakar antara bahan bakar minyak plastik dan dexlite, yaitu : campuran 30% minyak plastik:70% dexlite (PO30), 50% minyak plastik:50% dexlite (PO50) dan 70% minyak plastik:30% dexlite (PO70). Hasil yang didapatkan adalah pada bahan bakar campuran PO30 mendapatkan hasil massa berat terendah, dengan massa berat rata-rata 7,13 mg dan juga mendapatkan hasil jumlah PM paling sedikit yaitu PM10 sebanyak 96/mm2. PO30 memiliki paling sedikit PM berpengaruh terhadap pernafasan manusia serta polusi yang terdapat di udara.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Salah satu penyumbang utama polusi udara adalah mesin diesel. Maka usaha-usaha untuk mengurangi dan mengatasi Emisi Partikulat ini terus dilakukan. Langkah-langkah lain yang dilakukan adalah peng-galakan pemakaian bahan bakar alternatif, pemakaian teknologi aftertreatment dan peningkatan mutu bahan bakar. Namun setiap jenis bahan bakar memiliki sifat karakteristik, hal ini yang mempengaruhi Particulate Matter (PM) yang dihasilkan dari proses pembakaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Particulate Matter (PM) yang dihasilkan oleh mesin diesel jenis Dong Feng R175A dengan bahan bakar minyak plastik dan dexlite, serta variasi bahan bakar antara bahan bakar minyak plastik dan dexlite, yaitu : campuran 30% minyak plastik:70% dexlite (PO30), 50% minyak plastik:50% dexlite (PO50) dan 70% minyak plastik:30% dexlite (PO70). Hasil yang didapatkan adalah pada bahan bakar campuran PO30 mendapatkan hasil massa berat terendah, dengan massa berat rata-rata 7,13 mg dan juga mendapatkan hasil jumlah PM paling sedikit yaitu PM10 sebanyak 96/mm2. PO30 memiliki paling sedikit PM berpengaruh terhadap pernafasan manusia serta polusi yang terdapat di udara. | |||||||||
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery | |||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin |
|||||||||
Depositing User: | Mr. Taufan Rianto | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2024 08:50 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jan 2024 08:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32186 |
Actions (login required)
View Item |