Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MOTIVASI DAN MINAT PEMUDA TANI DALAM REGENERASI USAHA PERTANIAN (Studi Kasus Pada Rumah Tangga Usahatani Padi) Di Desa Warunggunung Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak

HILDIA KASMI, FIKRI (2024) MOTIVASI DAN MINAT PEMUDA TANI DALAM REGENERASI USAHA PERTANIAN (Studi Kasus Pada Rumah Tangga Usahatani Padi) Di Desa Warunggunung Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Fulltext)
Fikri Hildia Kasmi_4441190124_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB I)
Fikri Hildia Kasmi_4441190124_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
Fikri Hildia Kasmi_4441190124_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB III)
Fikri Hildia Kasmi_4441190124_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text (BAB IV)
Fikri Hildia Kasmi_4441190124_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB V)
Fikri Hildia Kasmi_4441190124_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Fikri Hildia Kasmi_4441190124_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Fikri Hildia Kasmi_4441190124_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)

Abstract

The majority of people in Lebak Regency depend on the agricultural and plantation sectors for their livelihoods. The potential of Lebak Regency from the agricultural sector includes food crops, plantations, horticulture, fruit and vegetables. Apart from potential, there are also obstacles, for example soil nutrients that have decreased drastically and land is in crisis, high fertilizer prices, lack of equal distribution of superior seeds from the local government, as well as the influence of erratic weather which makes planting times uncertain and marketing of agricultural products. The analysis used is qualitative descriptive analysis, namely by providing an overview and explanation in the form of numbers regarding the motivation and interests of young farmers. The internal motivation of young farmers in the regeneration of agricultural businesses in Warunggunung Village, is that farmers are motivated to fulfill their daily needs, which is included in the low category, namely with a percentage value of 48.89%. Meanwhile, external motivation with a percentage of 46%. This is due to limited costs and land owned. Looking at the average score and category average of 1.63, it can be concluded that the interest of young farmers in the regeneration of agricultural businesses in Warunggunung Village in these three indicators has a low influence and among the three indicators the highest influence is involvement because Young farmers are directly involved in the planting process on the land and some even participate in marketing.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTresna Sumantri, Ari196709062001121001
Thesis advisorAnggraeni, Dian197009162005012001
Additional Information: Mayoritas masyarakat Kabupaten Lebak menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian dan perkebunan. Potensi yang dimiliki Kabupaten Lebak dari sektor pertanian, meliputi tanaman pangan, perkebunan, holtikultura, buah-buahan maupun sayuran. Selain potensi, terdapat juga kendala misalnya unsur hara tanah yang menurun drastis dan lahan yang krisis, mahalnya harga pupuk, kurangnya pemerataan pemberian benih unggul dari pemerintah setempat, serta pengaruh cuaca yang tidak menentu yang membuat masa tanam yang tidak menentu, dan pemasaran hasil pertanian, hal ini menyebabkan rendahnya minat dan motivasi para pemuda di Desa Warunggunung Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak. Hal inilah yang menjadi alasan dilakukannya penelitian oleh penulis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar minat dan motivasi pemuda tani di Desa Warunggunung Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak dalam regenerasi usaha pertanian. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan gambaran dan penjelasan berupa angka-angka mengenai motivasi dan minat pemuda tani. Deskriptif ini dilakukan dengan memberi skoring terhadap setiap pertanyaan yang diajukan kedalam 3 kategori. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada bulan Juli sampai dengan September 2023 dapat diketahui bahwa motivasi internal pemuda tani dalam regenerasi usaha pertanian di Desa Warunggunung Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak adalah petani termotivasi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk dalam kategori rendah yaitu dengan nilai persentase sebesar 48,89% karena petani rata-rata belum merasa bahwa hasil pertaniannya dapat memenuhi semua kebutuhan petani dan keluarganya, sehingga berdampak pada kurang puasnya para petani di bidang pertanian. Sedangkan untuk motivasi eksternal dengan persentase sebesar 46% karena petani dalam bekerja umumnya belum merencanakan atau memikirkan suatu hal yang akan dilakukan kedepannya untuk mencapai keberhasilan yang tinggi. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan biaya serta lahan yang dimiliki. Melihat rata-rata skor dan rata-rata kategori sebesar 1,63 dapat disimpulkan bahwa minat pemuda tani dalam regenerasi usaha pertanian di Desa Warunggunung Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak dalam tiga indikator tersebut berpengaruh rendah dan diantara ketiga indikator tersebut yang paling tinggi pengaruhnya adalah keterlibatan karena pemuda tani ikut terlibat langsung dalam proses penanaman di lahan dan sampai ikut memasarkan. Faktor kebutuhan menjadi salah satu yang mendorong pemuda tani untuk ikut terlibat dalam mengelola usahatani keluarganya. Namun, karena kurangnya pendidikan, biaya, serta kesadaran untuk memanfaatkan potensi pertanian yang ada, membuat para pemuda di Desa Warunggunung Kecamatan Warunggunung Kabupaten Lebak memiliki motivasi dan minat yang rendah untuk meneruskan usaha pertanian.
Uncontrolled Keywords: Interest, Motivaton, young farmers, descriptive analysis.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Mr. Fikri Hildia Kasmi
Date Deposited: 16 Jan 2024 10:17
Last Modified: 16 Jan 2024 10:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/32138

Actions (login required)

View Item View Item