Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 2 KOTA SERANG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN

Hermawan, Dani (2015) HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 2 KOTA SERANG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
HASIL BELAJAR SISWA DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 2 KOTA SERANG MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2015.

Download (7MB)

Abstract

The purpose of this research was to determine the learning result using environment based learning on the concept of environmental conservation. The research activities took place on March 31 and april 7. The population of research were taken all students eleventh grade of SMAN 2 Kota Serang 2014/2015 academic year. The sample of this study was eleventh grade of X IIS 4, which was determined by simple random sampling technique. The method was descriptive method. Cognitive learning skill of students were measured using a subjective test. And then the result of Affective were measured used a questionnaire. Psychomotor were measured used by product assesment sheet. The results of this research showed that average cognitive skill of students in the amount of 81.8 with very good categories, result of affective of 87.7 with a very good category and result of psychomotor of 73.8 with good categories. it can be concluded that environment based learning models generate good cognitive, affective, amd psychomotor abilities Keywords: Based Environment Learning, learning result, environmental conservation.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSyacruroji, Ahmad197908162005011006
Thesis advisorMukti Leksono, Suroso197202262005011002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakan pembelajaran berbasis lingkungan pada konsep pelestarian lingkungan. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 31 Maret dan 7 April 2015 Populasi pada peneltian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Kota serang tahun ajaran 2014/2015. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X IIS 4 yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif.. Kemampuan kognitif siswa diukur menggunakan tes subjektif berupa soal uraian, afektif diukur menggunakan angket dan psikomotor diukur menggunakan lembar penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan kognitif siswa yaitu sebesar 81.8 dengan kategori sangat baik, afektif sebesar 87.7 dengan kategori sangat baik dan psikomotor sebesar 73.8 dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran berbasis lingkungan menghasilkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor yang baik Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Lingkungan, hasil belajar, pelestarian lingkungan
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Lingkungan, hasil belajar, pelestarian lingkungan Keywords: Based Environment Learning, learning result, environmental conservation.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:38
Last Modified: 25 Oct 2021 04:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3203

Actions (login required)

View Item View Item