Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

VALIDASI HASIL SIMULASI DENGAN STUDI EKSPERIMENTAL AERODINAMIKA TURBULENCE GENERATOR (TURBULATOR) PADA AIRFOIL NACA S1046 DENGAN WIND TUNNEL

RIZAL, MUHAMMAD (2024) VALIDASI HASIL SIMULASI DENGAN STUDI EKSPERIMENTAL AERODINAMIKA TURBULENCE GENERATOR (TURBULATOR) PADA AIRFOIL NACA S1046 DENGAN WIND TUNNEL. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Banyaknya kasus kehilangan energi yang besar dari turbin angin sering dikaitkan dengan separasi aliran yang terjadi pada boundary layer suatu bilah turbin, upaya mengontrol separasi aliran sangat penting bagi pengaplikasian teknologi di bidang mekanika fluida. Dalam mengontrol separasi aliran dapat menyebabkan peningkatan kinerja sistem turbin angin dengan konservasi energi dan penghematan berat turbin. Dalam prinsip kerjanya, mesin turbo memanfaatkan energi angin sebagai penghasil energi, dimana energi ditransfer dari fluida yang mengalir terus menerus oleh aksi dinamis dari satu atau lebih baris bilah yang bergerak. Penelitian ini akan menggunakan metode eksperimen, studi eksperimen dilakukan untuk melihat hasil secara nyata pengujian menggunakan wind tunnel tipe subsonic skala laboratorium untuk memvalidasi dan memperkuat hasil dari studi simulasi penambahan turbulator jenis flat plate counter rotating turbulence generator pada airfoil NACA S1046 jenis turbin angin VAWT jenis darrieus di posisi penempatan 40%C dan 50%C. Hasil yang didapat dari penelitian eksperimen menggunakan variasi kecepatan angin 1 m/s, 2 m/s, 3 m/s, 4 m/s dan 5 m/s menggunakan sudut serang 6°, 7°, dan 8° dapat divalidasi bahwa berdasarkan hasil visualisasi aliran dan nilai kenaikan koefisien angkat & penurunan koefisien hambat terbukti bahwa dengan penambahan turbulator secara visualisasi dapat menunda/menggeser separasi aliran dengan hasil cl/cd terbesar di posisi 40%C dengan sudut serang 8°.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorERWIN, ERWIN197310062009121001
Thesis advisorWIYONO, SLAMET197312182005011001
Additional Information: Banyaknya kasus kehilangan energi yang besar dari turbin angin sering dikaitkan dengan separasi aliran yang terjadi pada boundary layer suatu bilah turbin, upaya mengontrol separasi aliran sangat penting bagi pengaplikasian teknologi di bidang mekanika fluida. Dalam mengontrol separasi aliran dapat menyebabkan peningkatan kinerja sistem turbin angin dengan konservasi energi dan penghematan berat turbin. Dalam prinsip kerjanya, mesin turbo memanfaatkan energi angin sebagai penghasil energi, dimana energi ditransfer dari fluida yang mengalir terus menerus oleh aksi dinamis dari satu atau lebih baris bilah yang bergerak. Penelitian ini akan menggunakan metode eksperimen, studi eksperimen dilakukan untuk melihat hasil secara nyata pengujian menggunakan wind tunnel tipe subsonic skala laboratorium untuk memvalidasi dan memperkuat hasil dari studi simulasi penambahan turbulator jenis flat plate counter rotating turbulence generator pada airfoil NACA S1046 jenis turbin angin VAWT jenis darrieus di posisi penempatan 40%C dan 50%C. Hasil yang didapat dari penelitian eksperimen menggunakan variasi kecepatan angin 1 m/s, 2 m/s, 3 m/s, 4 m/s dan 5 m/s menggunakan sudut serang 6°, 7°, dan 8° dapat divalidasi bahwa berdasarkan hasil visualisasi aliran dan nilai kenaikan koefisien angkat & penurunan koefisien hambat terbukti bahwa dengan penambahan turbulator secara visualisasi dapat menunda/menggeser separasi aliran dengan hasil cl/cd terbesar di posisi 40%C dengan sudut serang 8°.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TS Manufactures
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Muhammad Rizal
Date Deposited: 11 Jan 2024 13:14
Last Modified: 11 Jan 2024 13:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31980

Actions (login required)

View Item View Item