RIZAL, MUHAMMAD (2024) VALIDASI HASIL SIMULASI DENGAN STUDI EKSPERIMENTAL AERODINAMIKA TURBULENCE GENERATOR (TURBULATOR) PADA AIRFOIL NACA S1046 DENGAN WIND TUNNEL. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_01.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_02.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_03.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_05.pdf Restricted to Registered users only Download (64kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (SKRIPSI)
Muhammad Rizal_3331180071_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Banyaknya kasus kehilangan energi yang besar dari turbin angin sering dikaitkan dengan separasi aliran yang terjadi pada boundary layer suatu bilah turbin, upaya mengontrol separasi aliran sangat penting bagi pengaplikasian teknologi di bidang mekanika fluida. Dalam mengontrol separasi aliran dapat menyebabkan peningkatan kinerja sistem turbin angin dengan konservasi energi dan penghematan berat turbin. Dalam prinsip kerjanya, mesin turbo memanfaatkan energi angin sebagai penghasil energi, dimana energi ditransfer dari fluida yang mengalir terus menerus oleh aksi dinamis dari satu atau lebih baris bilah yang bergerak. Penelitian ini akan menggunakan metode eksperimen, studi eksperimen dilakukan untuk melihat hasil secara nyata pengujian menggunakan wind tunnel tipe subsonic skala laboratorium untuk memvalidasi dan memperkuat hasil dari studi simulasi penambahan turbulator jenis flat plate counter rotating turbulence generator pada airfoil NACA S1046 jenis turbin angin VAWT jenis darrieus di posisi penempatan 40%C dan 50%C. Hasil yang didapat dari penelitian eksperimen menggunakan variasi kecepatan angin 1 m/s, 2 m/s, 3 m/s, 4 m/s dan 5 m/s menggunakan sudut serang 6°, 7°, dan 8° dapat divalidasi bahwa berdasarkan hasil visualisasi aliran dan nilai kenaikan koefisien angkat & penurunan koefisien hambat terbukti bahwa dengan penambahan turbulator secara visualisasi dapat menunda/menggeser separasi aliran dengan hasil cl/cd terbesar di posisi 40%C dengan sudut serang 8°.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Banyaknya kasus kehilangan energi yang besar dari turbin angin sering dikaitkan dengan separasi aliran yang terjadi pada boundary layer suatu bilah turbin, upaya mengontrol separasi aliran sangat penting bagi pengaplikasian teknologi di bidang mekanika fluida. Dalam mengontrol separasi aliran dapat menyebabkan peningkatan kinerja sistem turbin angin dengan konservasi energi dan penghematan berat turbin. Dalam prinsip kerjanya, mesin turbo memanfaatkan energi angin sebagai penghasil energi, dimana energi ditransfer dari fluida yang mengalir terus menerus oleh aksi dinamis dari satu atau lebih baris bilah yang bergerak. Penelitian ini akan menggunakan metode eksperimen, studi eksperimen dilakukan untuk melihat hasil secara nyata pengujian menggunakan wind tunnel tipe subsonic skala laboratorium untuk memvalidasi dan memperkuat hasil dari studi simulasi penambahan turbulator jenis flat plate counter rotating turbulence generator pada airfoil NACA S1046 jenis turbin angin VAWT jenis darrieus di posisi penempatan 40%C dan 50%C. Hasil yang didapat dari penelitian eksperimen menggunakan variasi kecepatan angin 1 m/s, 2 m/s, 3 m/s, 4 m/s dan 5 m/s menggunakan sudut serang 6°, 7°, dan 8° dapat divalidasi bahwa berdasarkan hasil visualisasi aliran dan nilai kenaikan koefisien angkat & penurunan koefisien hambat terbukti bahwa dengan penambahan turbulator secara visualisasi dapat menunda/menggeser separasi aliran dengan hasil cl/cd terbesar di posisi 40%C dengan sudut serang 8°. | |||||||||
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TS Manufactures |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin |
|||||||||
Depositing User: | Mr Muhammad Rizal | |||||||||
Date Deposited: | 11 Jan 2024 13:14 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jan 2024 13:14 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31980 |
Actions (login required)
View Item |