Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI MASA ADAPTASI BARU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif di Sekolah SMP Negeri 1 Rangkasbitung)

SALSA NABILA, AMANDA (2023) PENERAPAN PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI MASA ADAPTASI BARU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (Studi Deskriptif di Sekolah SMP Negeri 1 Rangkasbitung). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Amanda Salsa Nabila_2286190057_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Amanda Salsa Nabila_2286190057_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Amanda Salsa Nabila_2286190057_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Amanda Salsa Nabila_2286190057_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Amanda Salsa Nabila_2286190057_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Amanda Salsa Nabila_2286190057_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Amanda Salsa Nabila_2286190057_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Amanda Salsa Nabila_2286190057_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Amanda Salsa Nabila_2286190057_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This research is motivated by problems in student attitudes and behavior since the Covid-19 pandemic. These problems can be overcome by implementing penguatan pendidikan karakter programs. Therefore, the purpose of this study was to determine the implementation Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) program carried out by SMPN 1 Rangkasbitung, reviewed by several programs and strategies for Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) that were implemented so as to enable character strengthening in students. This research was conducted at SMPN 1 Rangkasbitung 1 in the 2022/2023 academic year. As for when the research began in March 2023. The research method used is a qualitative method with a descriptive study. This study uses data collection techniques of observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used in this research is data reduction, data display, and data verification. The sampling technique used is the snowball sampling technique. The results showed that the implementation of the Character Education Strengthening (PPK) program which was carried out at SMP Negeri 1 Rangkasbitung was through habituation, intra-curricular programs and integrated into Teaching and Learning Activities (KBM). Through this habituation, the character values that have been developed in Civics learning, especially in SMP Negeri 1 Rangkasbitung, are in accordance with the five main characters that are the priorities for the development of the Character Education Strengthening (PPK) movement, namely religious, nationalist, integrity, independence, and mutual cooperation.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHARDIKA LEGIANI, WIKA201409012019
Thesis advisorSUGIANA FITRAYADI, DINAR198905072020121015
Additional Information: Penelitian ini di latar belakangi dengan permasalahan sikap dan perilaku siswa sejak pandemi Covid-19. Permasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan penerapan program penguatan pendidikan karakter di sekolah maupun di rumah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dilakukan oleh SMPN 1 Rangkasbitung, ditinjau oleh beberapa program dan strategi penguatan pendidikan karakter yang dijalankan sehingga dapat memungkinkan adanya penguatan karakter pada siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rangkasbitung pada tahun ajaran 2022/2023. Adapun waktu penelitian mulai dilakukan pada Maret 2023. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan studi deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang dilakukan di SMP Negeri 1 Rangkasbitung adalah melalui pembiasaan, program intrakulikuler dan diintegrasikan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Melalui pembiasaan itu, nilai-nilai karakter yang telah dikembangkan dalam pembelajaran PPKn khususnya di SMP Negeri 1 Rangkasbitung telah sesuai dengan lima karakter utama yang menjadi prioritas pengembangan gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yaitu religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong.
Uncontrolled Keywords: Character Education Strengthening (PPK), Character, habituation Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Karakter, Pembiasaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Amanda Salsa Nabila
Date Deposited: 22 Dec 2023 10:58
Last Modified: 22 Dec 2023 10:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31667

Actions (login required)

View Item View Item