Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIS SUSPENSI KENDARAAN BERBASIS STATE SPACE VARIABLE

ANANDA, RAFI RIZQI (2023) PEMODELAN DAN ANALISIS DINAMIS SUSPENSI KENDARAAN BERBASIS STATE SPACE VARIABLE. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Rafi Rizqi Ananda_3331180076_FullText.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rafi Rizqi Ananda_3331180076_01.pdf

Download (894kB)
[img] Text
Rafi Rizqi Ananda_3331180076_02.pdf

Download (327kB)
[img] Text
Rafi Rizqi Ananda_3331180076_03.pdf

Download (38kB)
[img] Text
Rafi Rizqi Ananda_3331180076_04.pdf

Download (678kB)
[img] Text
Rafi Rizqi Ananda_3331180076_05.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Rafi Rizqi Ananda_3331180076_Ref.pdf

Download (90kB)
[img] Text
Rafi Rizqi Ananda_3331180076_Lamp.pdf

Download (231kB)
[img] Text
Rafi Rizqi Ananda_3331180076_CP.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sistem suspensi merupakan salah satu komponen mekanik yang penting dalam suatu kendaraan, utamanya mobil, yang terletak di antara bodi kendaraan dengan roda. Sistem suspensi yang berfungsi untuk menahan getaran yang terjadi agar tidak berpindah pada bodi kendaraan. Tujuan Penelitian kali ini adalah untuk mendapatkan model sistem dari sebuah suspensi kendaraan yang akan disimulasikan. Selanjutnya dapat mensimulasikan hasil permodelan sistem yang telah dibuat melalui MATLAB. Setelah simulasi dilakukan, dapat menanalisa respon dinamis yang dihasilkan dari simulasi yang telah dilakukan. Hasil simulasi pada road bump setinggi 0.2 m dengan kecepatan yang bervariasi yaitu 20 km/h, 30 km/jam, dan 40 km/jam memperlihatkan bahwa terjadinya Overshoot pada Chassis mobil berturut-turut sebesar 0.032 m, 0.022 m, dan 0,017 m dimana Settling time dari Chassis mobil tersebut terjadi berturut-turut selama 1.59 detik, 1.33 detik. dan 1.28 detik. Kendaraan cenderung kembali ke posisi tetap lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan yang lebih rendah. Sama halnya pada settling time nya semakin cepat ketika kecepatannya lebih tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Rafi Rizqi Ananda
Date Deposited: 20 Dec 2023 09:05
Last Modified: 20 Dec 2023 09:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31617

Actions (login required)

View Item View Item