Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED BERBASIS GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 4 LEBAK (Studi Quasi Eksperimen Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX B dan IX C )

SUMARYO, AGUS (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED BERBASIS GAME BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTSN 4 LEBAK (Studi Quasi Eksperimen Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX B dan IX C ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Agus Sumaryo_2886180027_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Agus Sumaryo_2286180027_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Agus Sumaryo_2286180027_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
Agus Sumaryo_2286180027_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (424kB) | Request a copy
[img] Text
Agus Sumaryo_2286180027_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
Agus Sumaryo_2286180027_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
Agus Sumaryo_2286180027_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[img] Text
Agus Sumaryo_2286180027_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berbasis game based learning terhadap meningkatnya partisipasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX B dan IX C di MTsN 4 Lebak. Dalam penelitian ini, diambil sampel sebanyak dua kelas. Satu kelas eksperimen yaitu kelas IX B dan kelas kontrol yaitu kelas IX C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, angket partisispasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berbasis game based learning dapat mempengaruhi meningkatnya partisipasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai perolehan korelasi product moment dan nilai analisis regresi sederhana. Dimana nilai perolehan koefisien korelasi product moment (rxy) atau r hitung = 0,824 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 dan jumlah responden (n) = 40 peserta didik, sehingga diperoleh r tabel = 0,312. Hasil perhitungan untuk analisis regresi linier sederhana pada penelitian ini diperoleh nilai f hitung = 987, sedangkan taraf siginifikansinya 0.344 sehingga dapat di artikan 0.344 > 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap meningkatnya belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTsN 4 Lebak. Kata kunci : flipped classroom, Partisipasi, Game Based learning, Peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSARI DEWI, RATNA198105052005012002
Thesis advisorHARDIKA LEGANI, WIKA201409012019
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berbasis game based learning terhadap meningkatnya partisipasi belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IX B dan IX C di MTsN 4 Lebak. Dalam penelitian ini, diambil sampel sebanyak dua kelas. Satu kelas eksperimen yaitu kelas IX B dan kelas kontrol yaitu kelas IX C. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, angket partisispasi belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berbasis game based learning dapat mempengaruhi meningkatnya partisipasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai perolehan korelasi product moment dan nilai analisis regresi sederhana. Dimana nilai perolehan koefisien korelasi product moment (rxy) atau r hitung = 0,824 dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 dan jumlah responden (n) = 40 peserta didik, sehingga diperoleh r tabel = 0,312. Hasil perhitungan untuk analisis regresi linier sederhana pada penelitian ini diperoleh nilai f hitung = 987, sedangkan taraf siginifikansinya 0.344 sehingga dapat di artikan 0.344 > 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap meningkatnya belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTsN 4 Lebak.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : flipped classroom, Partisipasi, Game Based learning, Peserta didik Keywords: flipped classroom. Participation, Game based learning, Student
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: AGUS SUMARYO
Date Deposited: 20 Dec 2023 14:41
Last Modified: 20 Dec 2023 14:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31616

Actions (login required)

View Item View Item