TRIANI, NOVA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALAT UKUR MEKANIK DI SMKN 1 TUNJUNG TEJA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (SKRIPSI)
NOVA TRIANI_ 2284190038_FUll Text.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI)
NOVA TRIANI_2284190038_01..pdf Restricted to Registered users only Download (734kB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI)
NOVA TRIANI_2284190038_02.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI)
NOVA TRIANI_2284190038_03.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI)
NOVA TRIANI_2284190038_04.pdf Restricted to Registered users only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI)
NOVA TRIANI_2284190038_05.pdf Restricted to Registered users only Download (12kB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI)
NOVA TRIANI_2284190038_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (SKRIPSI)
NOVA TRIANI_2284190038_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa pada materi alat ukur mekanik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan menguji peningkatan hasil belajar siswa pada materi alat ukur mekanik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT jika dibandingkan dengan hasil belajar model konvensional di SMKN 1 Tunjung Teja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan menggunakan non equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TKRO SMKN 1 Tunjung Teja sebanyak dua kelas dengan total keseluruhan 59 siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa soal tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji hipotesis, dan N-gain. Hasil penelitian menunjukan: (1). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) di SMKN 1 Tunjung Teja pada materi alat ukur mekanik meraih hasil belajar dengan nilai rata-rata mencapai angka 90.80 dengan rentang nilai tertinggi 100 dan terendah 80. Sementara itu, pada model pembelajaran konvensional di SMKN 1 Tunjung Teja, rata-rata hasil belajar siswa pada materi alat ukur mekanik adalah 49.26 dengan rentang nilai tertinggi 90 dan terendah 15. (2) Peningkatan hasil belajar siswa pada materi alat ukur mekanik dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar model konvensional di SMKN 1 Tunjung Teja. Hal ini dibuktikan dengan data hasil uji T dimana nilai signifikansi yang diperoleh yaitu 0.00 <0.05 sehingga menunjukan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. Sehingga model pembelajaran NHT ini dapat dipertimbangkan oleh guru dalam mengembangkan inovasi pembelajaran. Aspek lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa perlu dikaji lebih dalam lagi. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, NHT, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aims to measure student learning outcomes on mechanical measuring instruments material with the application of the NHT type cooperative learning model and test the improvement of student learning outcomes on mechanical measuring instruments material with the application of the NHT type cooperative learning model when compared to the learning outcomes of the conventional model at SMKN 1 Tunjung Teja. This research is a type of pseudo- experimental research using a non-equivalent control group design. The research subjects were students of class X TKRO SMKN 1 Tunjung Teja as many as two classes with a total of 59 students. Data were collected with instruments in the form of multiple choice test questions. Data analysis techniques used validity, reliability, normality, homogeneity, hypothesis testing, and N-gain. The results showed: (1). The application of the Numbered Head Together (NHT) type cooperative learning model at SMKN 1 Tunjung Teja on the material of mechanical measuring instruments achieved learning outcomes with an average value reaching 90.80 with the highest score range of 100 and the lowest 80. Meanwhile, in the conventional learning model at SMKN 1 Tunjung Teja, the average student learning outcomes on the material of mechanical measuring instruments were 49.26 with the highest score range of 90 and the lowest 15. (2) The improvement in student learning outcomes on mechanical measuring instruments material with the application of the NHT Type Cooperative Learning Model is better than the learning outcomes of the conventional model at SMKN 1 Tunjung Teja. This is evidenced by the data from the T test results Keywords : Cooperative Learning Model, NHT, Learning Outcomes | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, NHT, Hasil Belajar Keywords : Cooperative Learning Model, NHT, Learning Outcomes | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 83203-Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | mrs NOVA TRIANI | |||||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2023 15:51 | |||||||||
Last Modified: | 14 Dec 2023 15:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31528 |
Actions (login required)
View Item |