Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KLINIK DENGAN INTEGRASI METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL), IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA), DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

NURFAIZI, SAFRIL (2023) PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KLINIK DENGAN INTEGRASI METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL), IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA), DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (SKRIPSI)
Safril Nurfaizi_3333190068_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Safril Nurfaizi_3333190068_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Safril Nurfaizi_3333190068_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
Safril Nurfaizi_3333190068_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
Safril Nurfaizi_3333190068_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text
Safril Nurfaizi_3333190068_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
Safril Nurfaizi_3333190068_06.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
Safril Nurfaizi_3333190068_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
Safril Nurfaizi_3333190068_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text
Safril Nurfaizi_3333190068_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42MB)

Abstract

Mutu pelayanan di fasilitas kesehatan merupakan produk akhir dari interaksi dan ketergantungan yang kompleks antara berbagai komponen atau aspek pelayanan. Klinik Pratama XYZ merupakan salah satu penyedia jasa pelayanan kesehatan. Klinik Pratama XYZ menyediakan berbagai macam bentuk pelayanan, dan fasilitas, namun hal itu belum cukup memberikan hasil yang memuaskan karena masih terdapat keluhan dari beberapa pasien sehingga diperlukan sebuah penelitian untuk mengetahui atribut apa saja yang mengalami permasalahan dalam kualitas pelayanan serta mengetahui langkah-langkah memperbaiki atribut yang mengalami permasalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu integrasi metode Servqual – IPA - QFD. Metode Servqual bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kesenjangan, celah atau gap pada atribut pelayanan dengan hasil dari selisih rata-rata tingkat kinerja dan rata-rata tingkat harapan. Hasil perhitungan rata-rata tingkat kinerja dan rata-rata tingkat harapan dijadikan input dari metode IPA untuk menentukan atribut penelitian sesuai kuadran (prioritas untuk meningkatkan kualitas) melalui pemetaan diagram kartesius. Kemudian dilanjutkan dengan metode QFD untuk memberikan respon teknis yang menjadi prioritas untuk usulan perbaikan kualitas layanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 6 atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan terdapat 8 respon teknis sebagai usulan perbaikan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRIDWAN, ASEP197603022003121003
Thesis advisorTRENGGONOWATI, DYAH LINTANG198704202014042001
Additional Information: Mutu pelayanan di fasilitas kesehatan merupakan produk akhir dari interaksi dan ketergantungan yang kompleks antara berbagai komponen atau aspek pelayanan. Klinik Pratama XYZ merupakan salah satu penyedia jasa pelayanan kesehatan. Klinik Pratama XYZ menyediakan berbagai macam bentuk pelayanan, dan fasilitas, namun hal itu belum cukup memberikan hasil yang memuaskan karena masih terdapat keluhan dari beberapa pasien sehingga diperlukan sebuah penelitian untuk mengetahui atribut apa saja yang mengalami permasalahan dalam kualitas pelayanan serta mengetahui langkah-langkah memperbaiki atribut yang mengalami permasalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu integrasi metode Servqual – IPA - QFD. Metode Servqual bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kesenjangan, celah atau gap pada atribut pelayanan dengan hasil dari selisih rata-rata tingkat kinerja dan rata-rata tingkat harapan. Hasil perhitungan rata-rata tingkat kinerja dan rata-rata tingkat harapan dijadikan input dari metode IPA untuk menentukan atribut penelitian sesuai kuadran (prioritas untuk meningkatkan kualitas) melalui pemetaan diagram kartesius. Kemudian dilanjutkan dengan metode QFD untuk memberikan respon teknis yang menjadi prioritas untuk usulan perbaikan kualitas layanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 6 atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan terdapat 8 respon teknis sebagai usulan perbaikan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Mr Safril Nurfaizi
Date Deposited: 05 Dec 2023 10:29
Last Modified: 05 Dec 2023 10:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31313

Actions (login required)

View Item View Item