NURFAIZI, SAFRIL (2023) PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KLINIK DENGAN INTEGRASI METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL), IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA), DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (SKRIPSI)
Safril Nurfaizi_3333190068_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Safril Nurfaizi_3333190068_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Safril Nurfaizi_3333190068_02.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) |
|
Text
Safril Nurfaizi_3333190068_03.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
|
Text
Safril Nurfaizi_3333190068_04.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
|
Text
Safril Nurfaizi_3333190068_05.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Text
Safril Nurfaizi_3333190068_06.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) |
|
Text
Safril Nurfaizi_3333190068_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Text
Safril Nurfaizi_3333190068_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
|
Text
Safril Nurfaizi_3333190068_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (42MB) |
Abstract
Mutu pelayanan di fasilitas kesehatan merupakan produk akhir dari interaksi dan ketergantungan yang kompleks antara berbagai komponen atau aspek pelayanan. Klinik Pratama XYZ merupakan salah satu penyedia jasa pelayanan kesehatan. Klinik Pratama XYZ menyediakan berbagai macam bentuk pelayanan, dan fasilitas, namun hal itu belum cukup memberikan hasil yang memuaskan karena masih terdapat keluhan dari beberapa pasien sehingga diperlukan sebuah penelitian untuk mengetahui atribut apa saja yang mengalami permasalahan dalam kualitas pelayanan serta mengetahui langkah-langkah memperbaiki atribut yang mengalami permasalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu integrasi metode Servqual – IPA - QFD. Metode Servqual bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kesenjangan, celah atau gap pada atribut pelayanan dengan hasil dari selisih rata-rata tingkat kinerja dan rata-rata tingkat harapan. Hasil perhitungan rata-rata tingkat kinerja dan rata-rata tingkat harapan dijadikan input dari metode IPA untuk menentukan atribut penelitian sesuai kuadran (prioritas untuk meningkatkan kualitas) melalui pemetaan diagram kartesius. Kemudian dilanjutkan dengan metode QFD untuk memberikan respon teknis yang menjadi prioritas untuk usulan perbaikan kualitas layanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 6 atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan terdapat 8 respon teknis sebagai usulan perbaikan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Mutu pelayanan di fasilitas kesehatan merupakan produk akhir dari interaksi dan ketergantungan yang kompleks antara berbagai komponen atau aspek pelayanan. Klinik Pratama XYZ merupakan salah satu penyedia jasa pelayanan kesehatan. Klinik Pratama XYZ menyediakan berbagai macam bentuk pelayanan, dan fasilitas, namun hal itu belum cukup memberikan hasil yang memuaskan karena masih terdapat keluhan dari beberapa pasien sehingga diperlukan sebuah penelitian untuk mengetahui atribut apa saja yang mengalami permasalahan dalam kualitas pelayanan serta mengetahui langkah-langkah memperbaiki atribut yang mengalami permasalahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu integrasi metode Servqual – IPA - QFD. Metode Servqual bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kesenjangan, celah atau gap pada atribut pelayanan dengan hasil dari selisih rata-rata tingkat kinerja dan rata-rata tingkat harapan. Hasil perhitungan rata-rata tingkat kinerja dan rata-rata tingkat harapan dijadikan input dari metode IPA untuk menentukan atribut penelitian sesuai kuadran (prioritas untuk meningkatkan kualitas) melalui pemetaan diagram kartesius. Kemudian dilanjutkan dengan metode QFD untuk memberikan respon teknis yang menjadi prioritas untuk usulan perbaikan kualitas layanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 6 atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan terdapat 8 respon teknis sebagai usulan perbaikan. | |||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TX Home economics |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri |
|||||||||
Depositing User: | Mr Safril Nurfaizi | |||||||||
Date Deposited: | 05 Dec 2023 10:29 | |||||||||
Last Modified: | 05 Dec 2023 10:29 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31313 |
Actions (login required)
View Item |