Fitriyatunnisa, Fitriyatunnisa (2023) PROFIL PERILAKU MEMBOLOS DAN IMPLIKASI TERHADAP RANCANGAN PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Fitriyatunnisa_2285160050_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
Fitriyatunnisa_2285160050_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
Fitriyatunnisa_2285160050_01..pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
|
Text
Fitriyatunnisa_2285160050_02.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
|
Text
Fitriyatunnisa_2285160050_03.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) |
|
Text
Fitriyatunnisa_2285160050_04.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text
Fitriyatunnisa_2285160050_05.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
|
Text
Fitriyatunnisa_2285160050_Ref.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
|
Text
Fitriyatunnisa_2285160050_Lamp.docx.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
Abstract
Perilaku membolos merupakan bentuk perilaku peserta didik yang meninggalkan tugas dan meninggalkan sekolah pada saat proses pembelajaran yang seharusnya diikuti oleh peserta didik dalam waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peserta didik yang memiliki perilaku membolos dan merancang Program Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial untuk mengatasi perilaku membolos XI di SMAN 7 Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang meliputi perilaku serta faktor penyebab membolos. Dari hasil analisis data perilaku membolos siswa SMAN 7 Kota Serang termasuk kategori rendah, dari 60 siswa 95 persen kategori rendah dan hanya 5 persen perilaku membolosnya berkategori sedang, dan tidak ada seorangpun siswa berkategori tinggi. Faktor terbesar perilaku membolos siswa lebih disebabkan karena faktor internal yang berasal dari siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pribadi siswa memiliki faktor yang cukup dominan dibandingkan aspek keluarga dan sekolah. Namun demikian, beberapa indikator dari faktor pribadi siswa tidak terlalu mengkhawatirkan. Motivasi belajar rendah siswa mayoritas berkategori sedang (65,0%) dan 35 persennya berkategori rendah. Artinya motivasi belajar siswa masuk kategori sedang dan tinggi, tidak ada yang motivasi belajarnya rendah. Semakin tinggi motivasi belajar untuk memacu prestasi maka semakin rendah perilaku membolos.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Perilaku membolos merupakan bentuk perilaku peserta didik yang meninggalkan tugas dan meninggalkan sekolah pada saat proses pembelajaran yang seharusnya diikuti oleh peserta didik dalam waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peserta didik yang memiliki perilaku membolos dan merancang Program Bimbingan dan Konseling Pribadi-Sosial untuk mengatasi perilaku membolos XI di SMAN 7 Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang meliputi perilaku serta faktor penyebab membolos. Dari hasil analisis data perilaku membolos siswa SMAN 7 Kota Serang termasuk kategori rendah, dari 60 siswa 95 persen kategori rendah dan hanya 5 persen perilaku membolosnya berkategori sedang, dan tidak ada seorangpun siswa berkategori tinggi. Faktor terbesar perilaku membolos siswa lebih disebabkan karena faktor internal yang berasal dari siswa itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pribadi siswa memiliki faktor yang cukup dominan dibandingkan aspek keluarga dan sekolah. Namun demikian, beberapa indikator dari faktor pribadi siswa tidak terlalu mengkhawatirkan. Motivasi belajar rendah siswa mayoritas berkategori sedang (65,0%) dan 35 persennya berkategori rendah. Artinya motivasi belajar siswa masuk kategori sedang dan tinggi, tidak ada yang motivasi belajarnya rendah. Semakin tinggi motivasi belajar untuk memacu prestasi maka semakin rendah perilaku membolos. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Students, Guidance and Counseling, Ditching Behavior, Adolescents Siswa, Bimbingan dan Konseling, Perilaku Membolos, Remaja | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Fitri Fitriyatunnisa | |||||||||
Date Deposited: | 14 Dec 2023 11:13 | |||||||||
Last Modified: | 14 Dec 2023 11:13 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31308 |
Actions (login required)
View Item |