Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK MENINGKATKAN KESIAGAAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL JENJANG SMALB DI SKH PANDITA

Try Astanti, Yulia (2023) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PADA PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK MENINGKATKAN KESIAGAAN MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI BAGI ANAK DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL JENJANG SMALB DI SKH PANDITA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Yulia Try Astanti_2287190045_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Yulia Try Astanti_2287190045_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Yulia Try Astanti_2287190045_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
Yulia Try Astanti_2287190045_Fulltext .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
YULIA TRY ASTANTI_2287190045_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
Yulia Try Astanti_2287190045_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
Yulia Try Astanti_2287190045_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Yulia Try Astanti_2287190045_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
Yulia Try Astanti_2287190045_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (830kB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di pertemuan tiga lempengyang disebut Ring Of Fireyang membawa dampak Indonesia menjadi negara yang berpotensi mengalami bencana salah satunya bencana gempa bumi. Berdasarkan PP No 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, anak-anak menjadi salah satu kelompok rentan korban bencana. Kerentanan anak sebagai korban bencana dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan anak tentang risiko dari bencana sehingga masih menggantungkan keselamatannya pada orang dewasa termasuk didalamnya anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran mitigasi gempa bumi untuk meningkatkan kesiagaan menghadapi bencana gempa bumi yang sesuai dengan karakteristik atau kebutuhan serta kemampuan peserta didik. Eksplorasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesiagaan siswa dengan hambatan intelektual dalam menghadapi bencana gempa bumi dengan menggunakan video animasi dalam pembelajarannya. Pendekatan dalam eksplorasi ini yaitu Pre-eksperimen One Group Pretest and PostTest Design dan diolah dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan subjek eksplorasi yaitu siswa dengan hambatan intelektual tingkat SMALB di SKh Pandita Kota Serang yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah bentuk tes. Pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi ini yaitu upaya untuk mengembangkan kesiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi terutama dalam penyelamatan diri ketika di dalam ruangan. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Thitung= 0 dan berdasarkan nilai kritis untuk uji Wilcoxon pada tingkat signifikansi 0,05 dengan jumlah N = 3 diperoleh Ttabel=6,313, maka H0 ditolak karena Thitung< Ttabel, artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu penggunaan video animasi pada pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi terbukti berpengaruh untuk meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi. Kata kunci: Video animasi, mitigasi bencana gempa bumi,anak tunagrahita.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorALAMSYAH SIDIK, SISTRIADINI198705142015042002
Thesis advisorMULIA, DEDI0417107906
Additional Information: Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di pertemuan tiga lempengyang disebut Ring Of Fireyang membawa dampak Indonesia menjadi negara yang berpotensi mengalami bencana salah satunya bencana gempa bumi. Berdasarkan PP No 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, anak-anak menjadi salah satu kelompok rentan korban bencana. Kerentanan anak sebagai korban bencana dipengaruhi oleh minimnya pengetahuan anak tentang risiko dari bencana sehingga masih menggantungkan keselamatannya pada orang dewasa termasuk didalamnya anak berkebutuhan khusus. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran mitigasi gempa bumi untuk meningkatkan kesiagaan menghadapi bencana gempa bumi yang sesuai dengan karakteristik atau kebutuhan serta kemampuan peserta didik. Eksplorasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesiagaan siswa dengan hambatan intelektual dalam menghadapi bencana gempa bumi dengan menggunakan video animasi dalam pembelajarannya. Pendekatan dalam eksplorasi ini yaitu Pre-eksperimen One Group Pretest and PostTest Design dan diolah dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan subjek eksplorasi yaitu siswa dengan hambatan intelektual tingkat SMALB di SKh Pandita Kota Serang yang berjumlah 3 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah bentuk tes. Pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi ini yaitu upaya untuk mengembangkan kesiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi terutama dalam penyelamatan diri ketika di dalam ruangan. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan rumus uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Thitung= 0 dan berdasarkan nilai kritis untuk uji Wilcoxon pada tingkat signifikansi 0,05 dengan jumlah N = 3 diperoleh Ttabel=6,313, maka H0 ditolak karena Thitung< Ttabel, artinya hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu penggunaan video animasi pada pembelajaran mitigasi bencana gempa bumi terbukti berpengaruh untuk meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi bencana gempa bumi. Kata kunci: Video animasi, mitigasi bencana gempa bumi,anak tunagrahita
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Video animasi, mitigasi bencana gempa bumi,anak tunagrahita.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Mrs Yulia Try Astanti
Date Deposited: 11 Dec 2023 11:31
Last Modified: 11 Dec 2023 11:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31256

Actions (login required)

View Item View Item