Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN MEDIA BUNGA AJAIB DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SKH IDAMAN HATI (Studi Eksperimen Dengan Menggunakan Desain Single Subject Research Pada Anak Tunagrahita Kelas V SDKh di SKh Idaman Hati)

Putri Pandhita, Amelia (2023) PENGGUNAAN MEDIA BUNGA AJAIB DALAM MENINGKATKAN PENGENALAN HURUF PADA ANAK TUNAGRAHITA DI SKH IDAMAN HATI (Studi Eksperimen Dengan Menggunakan Desain Single Subject Research Pada Anak Tunagrahita Kelas V SDKh di SKh Idaman Hati). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi Full)
Amelia Putri Pandhita_ 2287170007_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1)
Amelia Putri Pandhita_ 2287170007_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text (Bab 2)
Amelia Putri Pandhita_ 2287170007_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (Bab 3)
Amelia Putri Pandhita_ 2287170007_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text (Bab 4)
Amelia Putri Pandhita_ 2287170007_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Bab 5)
Amelia Putri Pandhita_ 2287170007_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Amelia Putri Pandhita_ 2287170007_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (Lampiran)
Amelia Putri Pandhita_ 2287170007_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Turnitin)
Amelia Putri Pandhita_ 2287170007_Turnitin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)

Abstract

This study aims to improve the ability to recognize letters for grade V students with intellectual disabilities in elementary schools in SKh Idaman Hati Kota Tangerang by using Bunga Ajaib media. This research uses a quantitative approach with the type of research Single Subject Research (SSR) with A-B-A design. The subject of this research amounted to one grade V student. There are 2 Target Behavior in this study, namely mentioning vocal and consonant letters and showing vocal and consonant letters. This research was conducted for one month. Data collection used observation, tests and documentation. The data obtained was analyzed using descriptive statistics and displayed in the form of tables and graphs. This research analysis uses in-condition analysis and inter-condition analysis. The results showed an increase in the ability to recognize letters in the subject. This is evidenced by an increase from the subject's initial ability at baseline-1 in terms of mentioning vocal and consonant letters with a mean level change of 50% to 96.375% at the intervention stage and at the baseline-2 stage to 75% . In terms of showing letters, the initial ability at baseline-1 with a mean level change of 50% to 94.25% at the intervention stage and amounted to 76,5% at the baseline2 stage. This it can be concluded that the Bunga Ajaib media can improve the ability to recognize letters. This is indicated by the increase in scores and the achievement of targeted behaviors.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFebri Abadi, Reza198902072018031002
Thesis advisorYudha Pratama, Toni201409012017
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf bagi siswa tunagrahita kelas V di Sekolah Dasar di SKh Idaman Hati Kota Tangerang dengan menggunakan media Bunga Ajaib. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek penelitian ini berjumlah satu siswa tunagrahita kelas V. Terdapat 2 Target Behavior dalam penelitian ini yaitu menyebutkan huruf vocal dan huruf konsonan dan menunjukkan huruf vokal dan huruf konsonan. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisis menggunakan statistic deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel serta grafik. Analisis penelitian ini menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf pada subjek. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dari kemampuan awal subjek pada baseline-1 dalam hal menyebutkan huruf vokal dan konsonan dengan perubahan mean level sebesar 50 % menjadi 96,375% pada tahap intervensi dan pada tahap baseline-2 menjadi 75%. Pada hal menunjukkan huruf kemampuan awal pada baseline-1 dengan perubahan mean level sebesar 50% menjadi 94,25% pada tahap intervensi dan sebesar 76,5% pada tahap baseline2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Bunga Ajaib dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya perolehan skor dan tercapainya perilaku- perilaku sasaran yang di targetkan
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: siswa tunagrahita, media pembelajaran, mengenal huruf Key words: students with disabilities, learning media, recognizing letters
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Amelia Pandhita
Date Deposited: 12 Dec 2023 10:59
Last Modified: 12 Dec 2023 10:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31102

Actions (login required)

View Item View Item