Yanzar, Kahfi (2023) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI MAN 1 KOTA SERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Kahfi Yanzar_2288160003_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Kahfi Yanzar_2288160003_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Kahfi Yanzar_2288160003_02.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text
Kahfi Yanzar_2288160003_03.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
|
Text
Kahfi Yanzar_2288160003_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Kahfi Yanzar_2288160003_05.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
Kahfi Yanzar_2288160003_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text
Kahfi Yanzar_2288160003_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
The purpose of thesis entitled the effectiveness of implementing online learning in history subjects for class XI at MAN 1 Serang City is to find out the implementation of the history learning process using an online learning system at MAN 1 Serang City, The method in this research uses descriptive qualitative methods. Data collection techniques were carried out through stages of interviews, documentation studies, and observations using analytical methods, namely data collection, data reduction, data presentation, and data verification. Based on the findings obtained, the implementation of online learning in class XI history subjects at MAN 1 Serang City was classified as ineffective. This is because there are still obstacles that occur when online learning is implemented, one of which is the lack of communication or interaction between the class but it is still not effective when compared to direct face-to-face learning. Then, online learning has an impact on students' activeness when learning history, namely positive and negative impacts. The positive impact is that students are able to learn independently, without limited space and time to seek knowledge. Meanwhile, the negative impact is that students become less active because they open more games and social media when online learning is taking place
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan skripsi yang berjudul efektivitas implementasi pembelajaran dalam jaringan (daring) pada mata pelajaran sejarah kelas XI di MAN 1 Kota Serang yaitu untuk mengetahui implementasi proses pembelajaran sejarah dengan menggunakan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) di MAN 1 Kota Serang, kendala yang ditemukan ketika pengimplementasian pembelajaran daring dan upaya yang dilakukan untuk menyelesaikan kendala yang ditemukan ketika pembelajaran daring berlangsung, serta dampak penggunaan media online dalam pembelajaran daring terhadap keaktifan siswa kelas XI pada mata pelajaran sejarah di MAN 1 Kota Serang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tahapan wawancara, studi dokumentasi, serta observasi dengan metode analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil temuan yang didapat bahwa pada pengimplementasian pembelajaran daring pada mata pelajaran sejarah kelas XI di MAN 1 Kota Serang tergolong tidak efektif. Hal tersebut dikarenakan masih ada kendala yang terjadi ketika pembelajaran daring dilaksanakan salah satunya yaitu kurangnya komunikasi atau interaksi antara guru mata pelajaran sejarah kelas XI dengan peserta didiknya, meskipun guru sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menghadapi kendala yang ada seperti melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi, akan tetapi tetap saja tidak efektif jika dibandingkan dengan belajar langsung secara tatap muka. Lalu, pembelajaran daring memiliki dampak terhadap keaktifan peserta didik ketika melakukan pembelajaran sejarah yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positifnya peserta didik mampu belajar mandiri, tidak terbatas ruang dan waktu untuk mencari ilmu pengetahuan. Sedangkan dampak negatifnya peseta didik menjadi kurang aktif karena lebih banyak membuka games dan media sosial ketika pembelajaran daring sedang berlangsung. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, online learning, history learning Efektivitas, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran sejarah. | |||||||||
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) F History United States, Canada, Latin America > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education P Language and Literature > PN Literature (General) |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87201-Jurusan Pendidikan Sejarah 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
|||||||||
Depositing User: | Kahfi Yanzar | |||||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2023 09:46 | |||||||||
Last Modified: | 22 Nov 2023 09:46 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/31013 |
Actions (login required)
View Item |