Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PROGRAM APLIKASI JAKI (JAKARTA KINI) SEBAGAI LAYANAN PENGADUAN/PELAPORAN MASYARAKAT DKI JAKARTA

PUTRI SURYADI, AISYAH (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM APLIKASI JAKI (JAKARTA KINI) SEBAGAI LAYANAN PENGADUAN/PELAPORAN MASYARAKAT DKI JAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Aisyah Putri Suryadi_6661190092_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Aisyah Putri Suryadi_6661190092_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Aisyah Putri Suryadi_6661190092_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Aisyah Putri Suryadi_6661190092_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
Aisyah Putri Suryadi_6661190092_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
Aisyah Putri Suryadi_6661190092_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Aisyah Putri Suryadi_6661190092_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy
[img] Text
Aisyah Putri Suryadi_6661190092_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
Aisyah Putri Suryadi_6661190092_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

This research focuses on analyzing the effectiveness of JAKI (Jakarta Kini) application program as a complaint/reporting service for DKI Jakarta’s residents. Research problems include some complaint not followed up, lack of socialization about the correct use of JAKI application, and many bad reviews of complete complaints. The purpose of this research is to find out the level of effectiveness of JAKI (Jakarta Kini) application program as a complaint/reporting service for DKI Jakarta’s residents. The theory used is program effectiveness theory by Budiani (2007:53), with indicators program target accuracy, program socialization, program goals, and program monitoring. This research uses a descriptive method with quantitative approach. The sampling technique using purposive sampling with 205 respondents. Data analysis was done through statistical test with the help of SPSS 24. The result of the study show that the effectiveness of JAKI (Jakarta Kini) application program as a complaint/reporting service for DKI Jakarta’s residents was effective because the percentage is more than 70%, based on the criteria for hypothesis test if the score of thitung more than ttabel (6,592 > 1,821), then H0 is rejected and Ha is accepted. The precentage of effectiveness of JAKI (Jakarta Kini) application program based on respondents responses is 76%. Research’s recommendation include add features to find locations, arrange socialization at the neighborhood level, optimizing standards for report’s follow-up period, arrange regular evaluations of officer performance by paying attention to public criticism.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPRAFITRI, NIKKI0003026212
Thesis advisorWASEH, HASURI0001039301
Additional Information: Penelitian ini berfokus pada analisis Efektivitas Program Aplikasi JAKI (Jakarta Kini) Sebagai Layanan Pengaduan/Pelaporan Masyarakat DKI Jakarta. Masalah penelitian ini diantaranya, masih adanya laporan yang tidak ditindak lanjut, kurangnya sosialisasi tentang penggunaan aplikasi JAKI dengan benar, dan banyaknya penilaian buruk terhadap laporan selesai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar tingkat efektivitas Program Aplikasi JAKI (Jakarta Kini) sebagai layanan pengaduan/pelaporan masyarakat DKI Jakarta. Teori yang digunakan yaitu teori efektivitas program menurut Budiani (2007:53), dengan indikator ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, pemantauan program. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 205 responden. Analisis data dilakukan melalui pengujian statistik dengan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program aplikasi JAKI (Jakarta Kini) sebagai layanan pengaduan/pelaporan masyarakat DKI Jakarta dinyatakan efektif karena mendapatkan persentase lebih dari 70% berdasarkan pada kriteria uji hipotesis jika nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,592 > 1,821), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya persentase efektivitas aplikasi JAKI (Jakarta Kini) menurut tanggapan responden penelitian sebesar 76%. Saran peneliti diantaranya, menambahkan fitur untuk menemukan lokasi laporan, melakukan sosialisasi secara langsung pada tingkat RT/RW, mengoptimalkan standar kurun waktu tindak lanjut laporan, dan melakukan evaluasi secara rutin terhadap kinerja petugas lapangan dengan memperhatikan kritik dari masyarakat.
Uncontrolled Keywords: Effectiveness, JAKI (Jakarta Kini) Application, Complaint Service Efektivitas, Aplikasi JAKI (Jakarta Kini), Layanan Pengaduan
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Aisyah Putri Suryadi
Date Deposited: 17 Nov 2023 09:34
Last Modified: 17 Nov 2023 09:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/30957

Actions (login required)

View Item View Item