Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN BERBASIS KULTUR SEKOLAH

PURNAMA ACHMAD, JATI (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN KARAKTER DISIPLIN BERBASIS KULTUR SEKOLAH. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

This is the latest version of this item.

[img] Text
01. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
02. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[img] Text
03. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
04. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
05. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
06. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text
07. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_06.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
08. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
09. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
10. JATI PURNAMA ACHMAD_2227190064_PLAGIARISMCHECK TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)

Abstract

The environment significantly shapes morals, behavior, character, and individual traits. This study aims to analyze the development of school culture-based disciplinary character at SDIT Assa'adah Global Islamic School. It examines factors aiding/inhibiting character development, the implementation process, and students' culture discipline. Employing qualitative methods with a descriptive approach, data collected through interviews, observation, and documentation reveal several insights. Firstly, discipline instilled in schools yields positive impacts, stemming from a conducive environment that facilitates relevant and adaptable learning. Secondly, positive role models in such an environment foster discipline, as humans naturally emulate successful adaptations. Thirdly, school culture and stakeholder engagement foster consistent and robust discipline. This discipline-based school culture cultivates individuals equipped with positivity and responsibility to confront global challenges. Lastly, discipline fosters healthy social bonds, enhancing cooperation, empathy, and meaningful interactions among students.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHIDAYAT, SHOLEH195805091984031003
Thesis advisorADYA, REKSA201602012108
Additional Information: Lingkungan merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi pembentukan dan perkembangan akhlak, perilaku, karakter, dan sifat perilaku individu. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perencanaan dalam pengembangan karakter disiplin berbasis kultur sekolah di SDIT Assa’adah Global Islamic School, menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan karakter disiplin berbasis kultur sekolah tersebut, menganalisis proses pelaksanaan pengembangan karakter disiplin berbasis kultur sekolah tersebut dan, kultur kedisiplinan peserta didik di SDIT Assa’adah Global Islamic School. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa 1) disiplin yang direncanakan dan dilaksanakan di sekolah akan berdampak positif karena pendisiplinan yang terbentuk melalui lingkungan yang baik sehingga peserta didik beradaptasi melalui pembelajaran yang relevan dan sesuai dengan kebutuhannya. 2) melalui peran teladan yang berada di lingkungan yang tepat juga akan mempengaruhi peserta didik untuk berdisiplin karena salah satu ciri manusia adalah kemampuannya beradaptasi dengan lingkungan, salah satu cara untuk beradaptasi adalah dengan melihat contoh dan teladan yang sudah berhasil beradaptasi pada lingkungan yang ada di sekolah. 3) Peran budaya sekolah dan keterlibatan semua pemangku kepentingan sekolah dapat menciptakan budaya yang mendorong karakter disiplin untuk menjadi karakter yang lebih konsisten dan kuat di kalangan peserta didik. Pengembangan karakter disiplin berbasis kultur sekolah memiliki dampak positif dalam membentuk individu yang siap menghadapi tantangan dunia dengan sikap positif, beretika dan bertanggung jawab. 4) kedisiplinan mendukung pembentukan hubungan sosial yang positif dan sehat, peserta didik yang disiplin cenderung lebih kooperatif, empatik, dan mampu menjaga interaksi yang bermakna.
Uncontrolled Keywords: Character development, discipline, school culture, strategy Disiplin; Kultur Sekolah; Pengembangan Karakter; Strategi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jati Achmad
Date Deposited: 14 Nov 2023 10:27
Last Modified: 14 Nov 2023 10:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/30932

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item