Turintyka, Devi Ari and Mukhroman, Iman and Gumelar, Rangga G. (2013) STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL PENGAJAR DI YAYASAN RUMAH BELAJAR KELUARGA ANAKLANGIT DALAM MENDIDIK ANAK JALANAN DI KOTA TANGERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (SKRIPSI KOM - DEVI ARI TURINTYKA - 2013 )
SKRIPSI KOM - DEVI ARI TURINTYKA - 2013.pdf - Published Version Download (8MB) | Preview |
Abstract
DEVI ARI TURINTYKA NIM. 6662 092799. SKRIPSI. STRATEGI KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL PENGAJAR DI YAYASAN RUMAH BELAJAR KELUARGA ANAKLANGIT DALAM MENDIDIK ANAK JALANAN DI KOTA TANGERANG Untuk mendidik anak jalanan yang memiliki latar belakang tumbuh dan hidup di jalan bukanlah hal yang mudah. Butuh kemampuan dan keterampilan yang baik dalam mendidiknya, namun ada kendala dalam proses pembelajarannya, yaitu faktor semantik, faktor psikologis dan faktor budaya sehingga pengajar harus mampu menumbuhkan rasa semangat kepada anak didik, untuk itu diperlukan adanya strategi komunikasi instruksional yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi instruksional dalam mendidik anak jalanan di Yayasan Rumah Belajar Keluarga Anaklangit. Peneliti mencoba untuk menganalisis dari strategi komunikasi instruksional yang digunakan oleh pengajar, apa saja hambatan yang dihadapinya dan bagaimana penerapan teknik yang digunakan dalam mendidiknya. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dan paradigma pospositivistik dengan pengumpulan data wawancara mendalam, dokumentasi, observasi partisipatif serta triangulasi data. Teori yang digunakan adalah teori atribusi dan menggunakan model pembelajaran kuantum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi instruksional yang dilakukan pengajar Yayasan Rumah Belajar Keluarga Anaklangit dalam mendidik anak didiknya berupa metode bermain sambil belajar, metode praktek, metode tanya-jawab, dan metode karyawisata. Tidak hanya pendidikan yang diberikan tetapi keterampilan pun diberikan oleh pengajar guna menunjang keterampilan bagi anak didik sehingga bisa membuka usaha mandiri. Hambatan yang dalam mendidik anak jalanan adalah hambatan semantik, hambatan psikologis dan hambatan budaya. Penerapan teknik yang dipergunakan oleh pengajar kepada anak didik berupa teknik psikologis, teknik persuasif dan teknik dialog/ interaksi. Strategi komunikasi instruksional yang dilakukan oleh Yayasan Rumah Belajar Keluarga Anaklangit ternyata memiliki hasil yang cukup besar dalam meningkatkan pemahaman baik dari segi pendidikan maupun pemberian keterampilan bagi para anak didik. Kata Kunci : Komunikasi Instruksional, Anak Jalanan, Teori Atribusi, Model Pembelajaran Quantum
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | ABSTRACT: DEVI ARI TURINTYKA NIM. 6662 092799. SKRIPSI. INSTRUCTIONAL COMMUNICATION STRATEGY INSTRUCTOR AT HOME LEARNING FAMILY FOUNDATION ANAKLANGIT IN EDUCATING STREET CHILDREN IN TANGERANG CITY To educate street children who have a background in growing and living on the street is not easy. It takes the ability and good skills in educating, however, there are the obstacles in the learning process, they are semantic factor, psychological factor and cultural factor so that the teacher must be able to make an enthusiasm toward students, therefore the good instructional communication strategy is needed. This study aims to determine how instructional communication in educating street children in the Foundation Family Learning House Anaklangit. Researchers try to analyze instructional communication strategies used by teachers, the obstacles it face and how the application of techniques used in educating. This research uses descriptive qualitative and data gathering paradigm pospositivistik with in-depth interviews, documentation, participant observation, and triangulation of data. The theory used is attribution theory and using quantum learning model. The results of this study indicates that instructional communication strategy that do teachers Foundation Family Learning House Anaklangit in educating their students a method of playing while learning, practice methods, the method of question and answer, and field trip methods. Not only education was given but skill is given by teachers to support pupils' skills so they can open their own business. Obstacles in educating street children are semantic obstacle, psychological obstacle and cultural obstacle. The application of the techniques used by teachers to students in the form of psychological techniques, persuasive techniques and techniques of dialogue/ interaction. Instructional communication strategy conducted by the Foundation Family Learning House Anaklangit proved to have significant results in improving understanding in terms of both education and the provision of skills for students. Keywords : Instructional communication, Street children, atribusi theory, quantum learning model |
Subjects: | Communication > Public Relations Science Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 28 Feb 2014 01:43 |
Last Modified: | 28 Feb 2014 01:43 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/308 |
Actions (login required)
View Item |