Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN TEKNIK SHAPING DALAM MENINGKATKAN POLA INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS VI DI SKH 01 KOTA SERANG DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR

Andhika Putri, Khalda (2023) PENERAPAN TEKNIK SHAPING DALAM MENINGKATKAN POLA INTERAKSI SOSIAL SISWA DENGAN HAMBATAN INTELEKTUAL RINGAN KELAS VI DI SKH 01 KOTA SERANG DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Khalda Andhika Putri_ 2287180018_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khalda Andhika Putri_ 2287180018_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khalda Andhika Putri_ 2287180018_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (553kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khalda Andhika Putri_ 2287180018_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khalda Andhika Putri_ 2287180018_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khalda Andhika Putri_ 2287180018_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khalda Andhika Putri_ 2287180018_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Khalda Andhika Putri_ 2287180018_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)

Abstract

This study aims to determine the increase in social interaction patterns of children with intellectual disabilities with the school environment through behavior modification using shaping techniques at SKh 01 Serang City. This research is a Single Subject Research (SSR) study with the research design used in this study, namely using the A-B-A design with a range of sessions, namely baseline 1 (A1) 4 sessions, intervention (B) 8 sessions, and baseline 2 (A2) ) for 4 sessions. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and displayed through line graphs. Based on the results of the research that has been carried out, the application of shaping techniques in increasing the pattern of interaction of children with intellectual disabilities can increase the pattern of interaction between children and the environment around the child with the results obtained in the baseline phase 1 (A1) the average value obtained is 33%. In intervention (B) the average value obtained increased to 87% while in baseline 2 (A2) the average value obtained was 66%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYudha Pratama, Toni0014118702
Thesis advisorTanjung Utami, Yuni198706282019031010
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pola interaksi sosial anak dengan hambatan intelektual dengan lingkungan sekolah melalui modifikasi perilaku menggunakan teknik shaping di SKh 01 Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan desain A-B-A dengan rentang sesi yaitu basenilne 1 (A1) sebanyak 4 kali sesi, intervensi (B) sebanyak 8 kali sesi, dan baseline 2 (A2) sebanyak 4 kali sesi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan di tampilkan melalui grafik garis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penerapan teknik shaping dalam meningkatkan pola interaksi anak dengan hambatan intelektual dapat meningkatkan pola interaksi anak dengan lingkungan sekitar anak dengan hasil yang diperoleh pada fase baseline 1 (A1) nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 33%. Pada intervensi (B) nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 87% sedangkan pada baseline 2 (A2) nilai rata-rata yang diperoleh yaitu sebesar 66%.
Uncontrolled Keywords: shaping techniques, children with intellectual disabilities, social interaction teknik shaping, anak dengan hambatan intelektual, interaksi sosial
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: khalda andhika putri
Date Deposited: 03 Nov 2023 15:42
Last Modified: 08 Nov 2023 08:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/30747

Actions (login required)

View Item View Item