Arief, Hafid (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
Hafid Arief_2227180046_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
|
Text
Hafid Arief_2227180046_01.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
|
Text
Hafid Arief_2227180046_02.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) |
|
Text
Hafid Arief_2227180046_03.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
|
Text
Hafid Arief_2227180046_04.pdf Restricted to Registered users only Download (982kB) |
|
Text
Hafid Arief_2227180046_05.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
|
Text
Hafid Arief_2227180046_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
|
Text (Skripsi)
Hafid Arief_2227180046_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di SDN Serang 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas I SDN Serang 21. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data yang dilakukan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian didapat nilai rata-rata validasi ahli dengan persentase 85,9% yang masuk dalam kategori “Sangat Layak”, nilai rata-rata respons peserta didik memperoleh persentase 95% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”, dan nilai rata-rata tes pemahaman peserta didik memperoleh nilai persentase 95% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran dan layak dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di SDN Serang 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas I SDN Serang 21. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data yang dilakukan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian didapat nilai rata-rata validasi ahli dengan persentase 85,9% yang masuk dalam kategori “Sangat Layak”, nilai rata-rata respons peserta didik memperoleh persentase 95% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”, dan nilai rata-rata tes pemahaman peserta didik memperoleh nilai persentase 95% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran dan layak dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keyword : Learning Media, Animation Videos, Beginning Reading Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Membaca Permulaan | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Mr Hafid Arief | |||||||||
Date Deposited: | 20 Nov 2023 09:52 | |||||||||
Last Modified: | 20 Nov 2023 09:52 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/30650 |
Actions (login required)
View Item |