Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR

Arief, Hafid (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Hafid Arief_2227180046_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
Hafid Arief_2227180046_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)
[img] Text
Hafid Arief_2227180046_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
Hafid Arief_2227180046_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
Hafid Arief_2227180046_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB)
[img] Text
Hafid Arief_2227180046_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
Hafid Arief_2227180046_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (Skripsi)
Hafid Arief_2227180046_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di SDN Serang 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas I SDN Serang 21. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data yang dilakukan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian didapat nilai rata-rata validasi ahli dengan persentase 85,9% yang masuk dalam kategori “Sangat Layak”, nilai rata-rata respons peserta didik memperoleh persentase 95% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”, dan nilai rata-rata tes pemahaman peserta didik memperoleh nilai persentase 95% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran dan layak dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPamungkas, Aan Subhan198701282020121004
Thesis advisorAlamsyah, Trian Pamungkas201602012103
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik di SDN Serang 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design. Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 22 peserta didik kelas I SDN Serang 21. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Analisis data yang dilakukan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian didapat nilai rata-rata validasi ahli dengan persentase 85,9% yang masuk dalam kategori “Sangat Layak”, nilai rata-rata respons peserta didik memperoleh persentase 95% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”, dan nilai rata-rata tes pemahaman peserta didik memperoleh nilai persentase 95% yang masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi ini dapat digunakan dalam pembelajaran dan layak dijadikan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan.
Uncontrolled Keywords: Keyword : Learning Media, Animation Videos, Beginning Reading Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Membaca Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Hafid Arief
Date Deposited: 20 Nov 2023 09:52
Last Modified: 20 Nov 2023 09:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/30650

Actions (login required)

View Item View Item