Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatan Kemampuan Mengenal Nilai Mata Uang bagi Anak dengan Hambatan Intelektual Kelas VII SMPKh di SKh Elok Asri Kota Serang

MUHAMAD FARHAN, MARSHEL (2023) Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatan Kemampuan Mengenal Nilai Mata Uang bagi Anak dengan Hambatan Intelektual Kelas VII SMPKh di SKh Elok Asri Kota Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MarshelMuhamadFarhan_2287160028_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
MarshelMuhamadFarhan_22872160028_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
MarshelMuhamadFarhan_2287160028_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB)
[img] Text
MarshelMuhamadFarhan_2287160028_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
MarshelMuhamadFarhan_2287160028_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img] Text
MarshelMuhamadFarhan_2287160028_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text
MarshelMuhamadFarhan_2287160028_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
MarshelMuhamadFarhan_2287160028_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
MarshelMuhamadFarhan_2287160028_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

This study aims to improve the ability to recognize the value of currency for children with intellectual disabilities class VII SMPKh at SKh Elok Asri, the ability to recognize currency values is centered on recognizing the value of coins in the Rp denomination. 100, Rp. 200, Rp. 500, and Rp. 1,000, also Rp. 1,000, Rp. 2,000, Rp. 5,000, Rp. 10,000, Rp. 20,000, Rp. 50,000, and Rp. 100,000. This research was conducted using a realistic mathematical approach that views mathematics as a human activity using an imaginable situation. This study used a single subject experimental research method or single subject research (SSR). The results of this study aim to see the effect of using a realistic mathematical approach in increasing the ability to recognize currency values in children with intellectual disabilities. this phase is taken naturally without any intervention to the subject. In the intervention phase (B) the subject experienced an increase in data with an average of 65.6% in this phase the subject experienced an increase due to the intervention using a realistic mathematics learning approach. In the baseline phase 2 (A-2) the subject obtained an average score of 55.5%. The data obtained in this phase were taken naturally after the subject was given the intervention in the previous phase.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMULIA, DEDI0417107906
Thesis advisorALAMSYAH, SISTRIADINI198705142015042002
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal nilai mata uang bagi anak dengan hambatan intelektual kelas VII SMPKh di SKh Elok Asri, kemampuan mengenal nilai mata uang berpusat pada pengenalan nilai uang logam pecahan Rp. 100, Rp. 200, Rp. 500, dan Rp 1.000, juga uang kertas pecahan Rp. 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 20.000, Rp. 50.000, dan Rp. 100.000. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan matematika realistik yang memandang matematika sebagai human activity dengan penggunaan suatu situasi yang bisa dibayangkan (imaginable). Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen subjek tunggal atau single subject research (SSR). Hasil penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan mengenal nilai mata uang pada anak dengan hambatan intelektual adanya pengaruh positif terlihat dari mean pada baseline 1 (A-1) diperoleh dengan nilai rata-rata 39%, data yang diperoleh pada fase ini diambil secara alami tanpa adanya intervensi kepada subjek. Pada fase intervensi (B) subjek mengalami peningkatan data dengan rata-rata 65,6% pada fase ini subjek mengalami peningkatan karena adanya intervensi dengan penggunaan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Pada fase baseline 2 (A-2) subjek memperoleh nilai rata-rata 55,5%. Data yang diperoleh pada fase ini diambil secara alami setelah subjek diberikan intervensi pada fase sebelumnya.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, Nilai Mata Uang, Anak dengan Hambatan Intelektual Realistic Mathematic Education, Currency Values, Children With Intellectual Impairment.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Khusus
Depositing User: Marshel Muhamad Farhan
Date Deposited: 20 Oct 2023 10:51
Last Modified: 23 Oct 2023 11:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/30553

Actions (login required)

View Item View Item